Buka Puasa dengan Gandaria, Rasanya Unik, Segar, Meledak di Mulut dan Nglawuhi

 

Sudah berbuka dengan yang manis? Sudah dooongg... minum dan makan yang manis-manis bikin senyummu makin manis hehehee... Setelah membatalkan puasa dengan air putih yang segar dan makan kurma 3 biji, rasanya lega sudah menuntaskan puasa hari itu.

Lalu setelah membatalkan puasa tadi, ingin lanjut menyantap apa nih?

Saya bisikin menu buka puasa yang unik nih untuk Konco Makan & Dolan yang baca blog ini. Kalian sudah tau tentang buah gandaria? Pengin tau uniknya buka puasa dengan gandaria? Baca terus sampai bawah yaaa....




Sambal Gandaria : Rasanya Unik, Segar, Meledak di Mulut dan Nglawuhi


Baru kali loh di Semarang ada menu buka puasa bersama (bukber) dengan Sambal Gandaria. Pertama kalinya di Semarang nih. Posin Cafe adalah satu-satunya resto yang menyediakan menu Sambal Gandaria.

Agar tau dulu tentang Posin Cafe, Konco Makan & Dolan bisa baca-baca dulu artikelku sebelumnya ini: ⬇⬇⬇⬇



Buah gandaria, sumber : Posin Cafe

Apakah Konco Makan & Dolan sudah familier dengan nama buah yang satu ini? Kalau saya terus terang sudah pernah dengar, hanya saja belum pernah makan.

Gimana sih rasanya? Eits... sabar duluuu... Ntar saya ceritakan secara lengkap gimana rasa buah yang satu ini ketika dijadikan sambal.

Buah gandaria termasuk buah yang langka, hanya berbuah di musim tertentu saja. Makanya nih wajib dicoba mumpung bulan Ramadan ini tersedia sebagai hidangan yang spesial di Posin. Kapan hari saat bukber di sana dan nyobain sambal gandarianya, wowww... rasanya unik, segar, meledak di mulut dan nglawuhi. Nglawuhi itu bisa diartikan sebagai sesuatu yang cocok dijadikan sebagai lauk pendamping nasi. Lawuh itu padanan kata lauk dalam Bahasa Jawa. 

Emang apa saja sih makanan yang jadi makin nikmat ketika dipasangkan dengan sambal gandaria? Yuuk sini ikuti pengalamanku menyicip 3 menu rekomendasi sambal gandaria yang ada di Posin Cafe.


1. Ayam Crispy Sambal Gandaria


Salah satu rekomendasi menu yang wajib kalian coba untuk per-gandaria-an ini adalah Ayam Crispy Sambal Gandaria. Siapa sih yang tidak suka ayam? Rata-rata kita kan senang menyantap aneka olahan ayam. Dimasak apa saja selalu enak soalnya.

Ayam crispy sambal gandaria, harga : 69k

Boleh dong dilihat fotoku di atas ini, ayam goreng yang crispy tersaji bersamaan dengan nasi pulen kongbap, tumis kacang, emping, sedikit sambal matah, lalapan segar, dan tentu saja sambal gandaria yang rasanya asam dan segar. Ayam gorengnya mudah sekali untuk dikunyah karena telah dimasak sempurna dengan bumbu rempah yang terasa nikmat di mulut. 

Saat dimakan bersamaan dengan potongan buah gandaria yang ada di dalam sambal, wuidiihh... campuran rasa asam dan pedasnya beneran bikin nikmat. Asamnya terasa light aja di lidah, bukan yang terlalu kecut gitu. Sedangkan tingkat kepedasan sambalnya pun masih bisa ditolerir lah, tidak pedas banget. Komposisi yang pas banget lah untuk menemani si ayam crispy ini. 



2. Iga Bakar Sambal Gandaria


Bagi yang lebih suka dengan lauk selain ayam, bisa loh nyobain Iga Bakar Sambal Gandaria. Paduan bumbu-bumbu pada iga bakar yang berpadu dengan sambal gandaria menimbulkan sensasi rasa yang unik dan segar.

Iga bakar sambal gandaria, harga : 115k

Iga bakar ini tersaji bersama nasi pulen kongbap, sedikit sambal matah, lalap, emping, sop konro dan sambal gandaria yang rasanya unik, segar, meledak di mulut dan nglawuhi itu. Bumbu iga bakar yang pekat dan sedap, terasa seimbang dengan kesegaran sambal gandarianya. Saat si gandaria ini terkunyah di dalam mulut, rasa asamnya yang ringan itu bikin pekatnya bumbu iga bakar bisa dinikmati oleh lidah dengan riang gembira. Apalagi ditambah dengan kesegaran sop konronya, mantap abis deeehh...



3. Nasi Ulam Bunga Telang Sambal Gandaria


Ada satu lagi nih rekomendasi sambal gandaria di Posin Cafe yang bisa Konco Makan & Dolan coba. Sambal gandarianya hadir rame-rame dengan condiment yang lainnya.

Nasi ulam bunga telang gandaria, harga: 57k


Tu kaann... lauknya melimpah ruah. Nasi bunga telang dengan warna yang cantik itu tersaji bersama sambal goreng ati, telur, ikan asin, ayam rempah suwir, emping, macam-macam rempah, sup konro dan sambal gandaria. 

Kenapa sih harus banyak banget gitu lauknya? Ternyata semua paduan di dalam nasi ulam bunga telang gandaria tadi ada maknanya loh. Perpaduan rasa asin, pedas, manis, gurih, segar dan kriuk merupakan perwujudan rasa syukur atas rahmat perbedaan yang bisa saling menguatkan, saling mengisi, saling menumbuhkan untuk menjadi kekuatan baru yang lebih hebat dan dahsyat nantinya di hari yang fitri. Keren kaaann filosofi di balik hidangan nasi ulam ini.

Catatan penting nih, ketika menyantap nasi ulam bunga telang gandaria ini campurlah semua lauk yang ada untuk mendapatkan kekayaan rasa rempah-rempah yang digunakan pada sajian tersebut. Bagi tim yang makan tanpa diaduk, kali ini kalian harus nyobain cara seru ini. 

Ini dia menu lengkap paket sambal gandaria yaa... Konco Makan & Dolan bisa pilih dari menu di bawah ini. Pilih yang ada tanda jempol/rekomendasi untuk mendapatkan pengalaman menikmati sambal gandaria yang super nikmat. Semua paket telah dilengkapi juga dengan free ice tea/mineral water dan takjil. 

Bisa dilihat secara lengkap di http://online.anyflip.com/mfngz/gtfz/ 


Jangan lupa bagikan saat-saat manis bukber di instagram untuk mendapatkan homemade ice cream yang sedap dari Posin. Bagi yang telah memesan salah satu dari menu sambal gandaria tadi, bisa juga loh mendapatkan salah satu dari dessert bukber Posin hanya dengan menebusnya seharga 20 ribu rupiah. Asyik kaaann...






Posin Cafe dan Hampers Ramadan


Bukan pertama kali ini saya menikmati aneka hidangan lezat di Posin Cafe. Sudah beberapa kali saya ke Posin, ada yang bareng teman kantor, teman sekolah, juga teman-teman bloger. 

Tidak pernah bosan ke sini deh untuk menikmati ambiance Posin Cafe yang selalu tertata apik dan tematik. Pada bulan Ramadan ini pun begitu, terasa banget nuansa puasa pada dekorasinya.



Saya suka dengan limpahan cahaya yang masuk ke dalam cafe melalui dinding kaca di bagian ujungnya. Saat siang hari, kaca-kaca tersebut diberi lapisan yang bisa meredam panas. Begitu sore telah menjelang, penutup tadi dibuka dan suasana di dalam cafe terasa syahdu.

Tempatnya pun luas, kita bisa bebas memilih mau duduk di bagian mana saja. Mau yang bangku memanjang bisa apabila datang rame-rame dengan keluarga atau teman. Kalau mau romantis berdua juga ada meja dengan dua kursi. 

Bagian depan dekat dengan kasir ada spot khusus yang biasanya jadi idola para penggemar cekrak-cekrek cantik. Dulu saya pernah foto di sana ketika dekorasinya ada ayunan rotan yang cantik. Nah, pada bulan Ramadan ini dekorasinya berganti, menyesuaikan dengan suasana yaaa...

Bukber di Posin berasa nyaman, tak perlu khawatir ntar gimana sholat Maghrib-nya. Posin punya mushola mungil yang bersih dan wangi. Jika tak bawa mukena pun tak masalah, di sana sudah disediakan. 

Oya, bagi Konco Makan & Dolan yang ingin memesan hampers Ramadan cantik untuk rekan bisnis, teman dan keluarga, Posin juga menyediakan paket hampers loooh... Posin punya bakery yang sudah berdiri sejak lama, bahkan sejak saya masih kecil deh kayaknya. Makanya, urusan rasa dan kualitas sudah tidak perlu diragukan lagi. 

Silakan bagi yang ingin pesan hampers Ramadan bisa cek price list di bawah ini yaaa...



Kelezatan sajian nasi ulam bunga telang pun bisa kita bagikan kepada rekanan maupun keluarga dalam bentuk hampers loh. Biar mereka juga bisa menikmati istimewanya buka puasa dengan hidangan tersebut. Untuk hampers nasi ulam ini dikemas dalam bentuk tampahan.




Lengkap kaan yang bisa kita dapatkan di Posin, sajian nikmat untuk buka puasa maupun paket bingkisan Ramadan ada semua. Konco Makan & Dolan yang berdomisili di Semarang dan sekitarnya bisa langsung otewe ke Posin. Alamat di Jl. Menteri Supeno no. 6 Semarang, telp : 082134153325.

Post a Comment

67 Comments

  1. baru dari postingan bulik nih aku lagi ngerti soal buah gandaria.. kok seperti matoa gitu sih menurutku? eh salah ya? hahaha. ngileeerrr sama menunyaaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya bukan matoa deh Che... lebih mirip jeruk malah tapi airnya dikit.

      Delete
  2. Pas ini pulang kerja langsung cus

    ReplyDelete
  3. Cakep amat kafenya yaa Posin ini enak buat nongkrong dan makan enak bareng sahabat dan pasangan. Mamaku suka bikin sambal gandaria Mbaknik memang enak banget dan bikin nambah nasi terus senang banget kalau menunya ada di Posin

    ReplyDelete
  4. Menggiurkan semua nih2 menu makanannya. Aku blm pernah makan gandaria, malah baru tahu kalau bs dijadikan sambal. Jd penasaran pengin nyobain sambal gandaria.

    ReplyDelete
  5. Udah sering dengar tentang buah dan sambal gandaria, dari akun fotografi. Cantik banget buah gandaria yang dipotong trus difoto dari atas, bijinya warna ungu. Tapi belum pernah lihat langsung apalagi mencoba makan. Kupikir kecutnya kebangetan, ternyata dari penjelasan Mbak Uniek, kecutnya masih kecut segar yang enak dinikmati ya, jadi pengen icip.

    Oh ya, konsep makan nasi ulam bunga telangnya mirip makanan Korea ya, yang dicampur itu

    ReplyDelete
  6. Pikiranku buahnya mirip matoa si gandaria ini ya tapi mungkin tekstur tidak sekeras matoa ya... jadi pengen nyobain

    ReplyDelete
  7. Waah ..aku belum pernah tuh nyicip Gandaria.. jadi penasaran deh. Apalagi lihat foto2nya yg sangat mengundang lidah utk menari-nari.. langsung catet ah alamatnya, buat info ke kakak klo pas ketemuan di Semarang Mudah2an bisa nyicip bukber di sini.. Trmksh sharingnya ya dik .

    ReplyDelete
  8. Waah, jadi pengen nyobain gimana rasanya sambal gandaria, ada rasa asam-asamnya kah mba Niek

    ReplyDelete
  9. Oh bisa juga ya buka bersama di rumah dengan pesan nasi ulam bunga telang. Kadang males ikut bukber di luar karena enggan ninggalin rumah. Seru sih kalo bisa bukber di rumah dengan sajian makanan istimewa dan unik dari Posin

    ReplyDelete
  10. Baru tahu kalau gandaria bisa dimakan...., 🤭 Kapan2 kudu nyobain ini...
    Ada yang bikin penasaran juga nasi pulen kongbap, woww menarik. 😍

    ReplyDelete
  11. Buah Gandaria ini klo di Kalimantan ini sangat populer sekali tapi penyebutannya bukan Gandaria, lupa..tp banyak banget yang suka sambal dikasih buah ini...nikmat sekali memang .

    ReplyDelete
  12. Aku malah baru tahu ada sambal Gandaria, jadi penasaran nih pengen coba

    ReplyDelete
  13. aku malah belum pernah denger tentang buah gandaria mba hahaaa thanks for sharing ya, nambah ilmu jadinya

    ReplyDelete
  14. asyik bangeet bukber di sini mbaaa.... tempatnya nyaman dan menunya seru ya.. ada buah gandaria. Udah jarang inii

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau buka puasa bersama dengan teman - teman dan keluarga memang seru ya.. apalagi kalau menunya juga juaraaa

      Delete
  15. belum pernah makan buah gandaria, apalagi kalau dipakai sambelan gitu. rasanya mungkin segar2 gitu yaa kak

    ReplyDelete
  16. Wah jadi pengen coba semua menu makanannya. Paling enak kayaknya yang Ayam Panggang Gandaria. Yummy ^_^

    ReplyDelete
  17. Saya belum pernah makan sambal gandaria..Yang saya tahu gandaria jadi nama jalan dan mal ternama di Jakarta. Bayangin rasa dari penampakannya beneran bikin penasaran. Senengnya di Posin tersedia lengkap menunya. Semoga lain waktu berkesempatan mencoba

    ReplyDelete
  18. Salah waktu buat Bewe nih. Reviewnya bikin ngecesss

    Btw, aku kayanya belum pernah makan Gandaria. Penasaran juga gimana rasanya apalagi kalau dijadiin sambal. Duh puasa gini

    ReplyDelete
  19. Pernah denger buah gandaria, tapi belum pernah makan hehe.. ternyata nampak lebih menarik untuk dicolek jika dengan bentuk sambal gandaria yaa.. selain rasanya unik juga hal baru nih buat pecinta sambal

    ReplyDelete
  20. Gandaria termasuk buah langka. Padahal waktu saya kecil, lumayan sering makan sambal gandaria. Pas tinggal di Bekasi, sesekali masih ada yang jual Gandaria. Tapi, sejak pindah ke Jakarta, belum pernah makan lagi. Gak ada satupun yang jual.

    ReplyDelete
  21. baru tau nih tentang buah gandaria, kalau dilihat sepintas mirip mangga ya Mbak, eehh mirip jambu batu deng, menggoda banget sih ini sambal gandaria pengen ikutan makan juga apalagi itu ada nasi bunga telangnya ya, duuh sepiring kayaknya mana cukup nih *upss

    ReplyDelete
  22. Lihat daftar menu Ramadhan dan dessert-nya, juga suasananya cafe-nya, bikin pengen icip langsung ke Posin.
    Semoga bisa mudik trus main ke sana pas buka puasa. Aamiin

    ReplyDelete
  23. Nah Aku sering lihat nih nama buah ini, waktu itu dibikinin sambel sama ibunya teman aku pakai buah Gandaria rasanya kayak seger asem gimana gitu

    ReplyDelete
  24. wahh ternyata buah gandaria bisa dibuat sambal yaa? saya baru tahu, hehehe. jadi ingat beberapa tahun lalu, ada tetangga yang baru pulang dari ambon dan bawa oleh-oleh buah gandaria ini. kali itu adalah pertama kalinya saya makan buah ini

    ReplyDelete
  25. Wah aku baru tau kalau gandaria itu berasal dari nama buah. Ternyata rasanya asam dan kecut gitu ya, kirain ada pedes2nya karena dari foto keliatannya ada merah2nya hehe. Jd kalau mau bikin sambal gandaria msh perlu campuran cabe lagi gtu ya?
    Wah menu2 di Posin cafe enak2 tuuhh. Gak usah masak sendiri udah lah ke sana aja buat buka puasa yak hehe.

    ReplyDelete
  26. Mbaa, aku liat ini ngiler. Dlu di Ambon sering banget makan buah gandaria ini. Apalagi pas udah kuning orange, manisnya mbaa. Makan ama gula. Yummy. Kalau yang hijau paling oke emang buat sambal.

    ReplyDelete
  27. Baru tahu buah Gandaria dan bisa dijadikan sambal, jadi penasaran deh dengan sambal yang dilengkapi dengan buah ini

    ReplyDelete
  28. Waktu ke Ambon pertama kalinya merasakan buah gandaria yang mateng. Rasanya seperti buah mangga tapi kecil dan kulitnya juga halus. Dijual di pinggir jalan dengan porsi dalam piring. Jadi sepiring plastik akan ditulang dalam plastik lalu kita bawa pulang. Skr jadi teringat rasanya.

    ReplyDelete
  29. Cantik banget warna nasi bunga telang itu, birunya bikin seger suasana hati yang melihatnya. Sambal Gandarianya nih yang belum pernah coba, kayak apa ya rasanya

    ReplyDelete
  30. Masya Allah, bacanya sambil ngilerr. Mau coba. Menu makanannya menggugah selera semua ya mba. Jadi penasaran sama sambal Gandarianya, kalo ke Semarang wajib ah mampir ke Posin 😍

    ReplyDelete
  31. mbak aku baru tau loh ada tanaman gandaria ini, tahun ke 6 jadi orang semarang ternyata masih banyak belum taunya, jadi penasaran pengen nyobain sambelnya sama ayam goreng nih, mantap ya kayaknya

    ReplyDelete
  32. aku pernah dengar kalo Gandaria memberikan rasa yang unik dan menarik dalam suatu hidangan, tapi belum merasakannya langsung

    ReplyDelete
  33. Waaah jadi penasaraaann ini sambelnya menggoda bangett hahaha. Andai deket, udah langsung kusampering deh untuk buka puasa besok

    ReplyDelete
  34. lohhh ngeces maksimal aku mbaq
    dah kebayang lezaatt Bergizi nyaa kek gimana.
    klo k jateng mau mampirrrr

    ReplyDelete
  35. Cantik bener foto-foto makanannyaaaa. Jadi penasaran nih rasa Gandaria seperti apa, baru pertama kali tahu soalnyaa

    ReplyDelete
  36. Bukan aku yang dikirimin hampers, tapi seneng banget liat hampers yang disajikan dengan tampilan menarik dan kekayaan menunya. Bikin seneng penerimanya banget deh..

    ReplyDelete
  37. Cek harga ternyata terjangakau sekali mengingat menu berbahan gandaria tidak mudah ditemui dan rasanya unik . Beneran nglawuhi ini, penampakannya aja menggoda sekali

    ReplyDelete
  38. Saya baru tahu bentuknya buah gandaria ini Mba. Ngebayangin juga rasanya. Seger kayanya dijadikan sambal dan dinikmati bareng iga bakar, ayam bakar. Jadi pengen nyicipin deh makanannya

    ReplyDelete
  39. mau nasi ulam satuuu!
    walau bukan tim diaduk tapi mau coba gimana rasanya mencampur semua lauk itu. Trus nasi dengan bunga telang jadi cantik menggoda warna birunya. Harganya juga affordable.

    ReplyDelete
  40. Bagus banget ya rekomendasinya . Penasaran dengan sambal Gandaria nya.

    ReplyDelete
  41. Membayangkan makan sambal Gandaria yang ada asem-asemnya aku kok jadi pingin ya? Kalau di suku Bugis ada sambal mangga. Di Minang ada sambal uwok. Masyaa Allah sungguh beraneka kuliner Indonesia.

    ReplyDelete
  42. unik ya, aku belum pernah coba Gandaria ini mba. Kalau lihat dan membayangkan rasanya, bikin nafsu makan. Sambal gandaria.. terus nasinya cantik2 bener ini, yaampun baru tadi kelar sahur. Lengkap ya, tempatnya juga berlimpah cahaya, aku suka nih pepotoan tempat kayak gini hihi

    ReplyDelete
  43. Gandaria buah asem paling enak dibuat sambel yang aku kenal 10 tahun lalu. Kebetulan ada teman kerja yang pinter masak, dia pinter banget buat sambel pake gandaria. Ternyata enaknya banget ya, buat nafsu makan

    ReplyDelete
  44. Cantik banget... Jadi kepo sama buah gandaria ini. Belum pernah lihat. Pas awal baca kiran merk sambal tadi. Hahaha ternyata bukan. Nasi ulamnya menggoda iman

    ReplyDelete
  45. Sering dengar nama gandaria aku pikir itu nama pohon. Ternyata ada buahnya juga ya

    ReplyDelete
  46. Wah aku baru tahu tentang buah gandaria ini
    Pasti rasanya enak ya mbak
    Beli yg tampahan pas buat makan rame rame di rumah ya

    ReplyDelete
  47. Wah seertinya ini pertama kalinya aku dengan buah gandaria dan dibikin sambel pula, jd penasaran sam rasanya

    ReplyDelete
  48. -ima

    Uwaahh sambelnya looks delicious banget. Lagi puasa nih, bikin ngeces liat pilihan menunya. Haha. Saya belum pernah sih, nyobain buah gandaria ini tapi kayaknya seger juga ya.

    ReplyDelete
  49. Saya baru tahu ada buah gandaria. Rupanya unik, ya. Bisa jadi tambahan lawuh ketika makan.

    Secara sekilas bentuknya mirip kementeng, tapi bagian dslamnya beda.

    Saya penasaran nih, gimana makan drngan sambal gandaria. Ketika lauk pauk dominan gurih, asin, dan lainnya. Dipadukan dengan sambal yang seger dari buah gandaria. Nikmatee pooll iki.

    ReplyDelete
  50. Kalo di palembang ada namanya kue gandaria. Tapi klo di semarang pedes nampol. Mesti icip2 sendiri nih ke sana.

    ReplyDelete
  51. Bakalan nambah kalau makan pakai sambal gandaria ini. Tapi aku juga penasaran a raindrop tampak enak. Sebagai kulinee penutup bisa jadi pilihan

    ReplyDelete
  52. waah belum pernah melihat gandaria dengan mata kepala sendiri apalagi memakannya. Jadi penasaran sama rasanya. Di Malang ada nggak ya?

    ReplyDelete
  53. Aku jadi penasaran dengan rasa gandria ini mak, karena pernah tau saja tapi belum pernah cobain. Ternyata bisa dibuat untuk sambal juga ya, menarik juga ini.

    ReplyDelete
  54. Baru tau ada Sambal Gandaria yang rasanya bikin nagih..
    Karena sambal ini bagi banyak orang bukan lagi penambah rasa, tapi wajib untuk memberikan kelezatan tersendiri dari sebuah menu makanan.

    ReplyDelete
  55. Nasi Ulam Bunga Telang cantik penampilannya. Jadi penasaran pengen nyobain rasanya. Buah Gandaria ini kayanya jarang ditemui ya. Kayanya ada sensasi rasa asem-asemnya mungkin ya. Pasti rasa sambalnya enak nih

    ReplyDelete
  56. Wah, buah gandaria buat sambal enak y mbak
    Menu di sini enak enak suala

    ReplyDelete
  57. baca nama buah gandaria aja, sudah terbit air liurku mbak, apalagi lihat fotonya aduhh beneran ngeces. gandaria dulu suka banget, suka nunggu buahnya jadi mateng jga, rasanya asem manis. mamaku suka banget buat sambal gandaria. makanya jadi inget mama lihat sambel gandaria. ingat kelezatannya juga

    ReplyDelete
  58. Auto catet Posin Cafe...pengeen banget penasaran mau coba sambel gandaria yang unik.banget. baruu tahu aku ada sambel gandaria aku kira tadi kecap lhoo...

    ReplyDelete
  59. Kayaknya baru tahu aku kalau buah Gandaria bisa untuk sambal ya
    Bentuk buahnya mirip matoa
    Tapi kok bisa dibikin sambel
    Hwee penasaran kayak apa rasa buahnya
    Dan pas udah jadi sambal juga sih

    ReplyDelete
  60. Menunya enak2 beneerr. Aku baru tau gandaria nama buah, selama ini taunya nama daerah. Kirain tdnya restonya di jkt, ternyata di Semarang :D
    Mantul banget gak cuma menyajikan menu dine in tapi juga resto ini menyediakan hampers ya. Unik jg menu dan pengemasannya :D

    ReplyDelete
  61. Gandaria dulu pernah jalan sebentar doang ke sana
    Anak anak memang butuh diajak diskusi lebih dalam

    ReplyDelete
  62. Masya Allah, baru kali ini lagi nih, ngeliatin menu buka yang tak ada habisnya
    cantik - unik - tradisional dan .. udah pasti enak ya?

    Gimana itu mbak Uniek, sambil motretin menunya sambil ter ngiler ngiler gak sih?

    ReplyDelete
  63. buah gandaria ini buah khas Kalimantan selatan kan ya. Ini zaman aku kecil sering banget makan ini kecut2 seger

    ReplyDelete
  64. Kalau makan tanpa sambel.kayak kurang apa gitu yaa.. belum cobain juga sambal gandaria ini jadi kepo deh penasaran sm rasanya

    ReplyDelete
  65. Sambal Gandaria itu endeus banget yaa pedas asam gitu segar banget enak buat teman makan ikan atau ayam sedappp

    ReplyDelete