Posin by Imperial, Cafe dengan Konsep One Stop Service


You get to where you kind of like it, and it's a habit. That's hard to break. I still find myself sittin' in a cafe, like pizza parlor. 
~ Chris LeDoux ~


posin cafe and bakery semarang


Tak bisa disangkal lagi, banyak orang yang gemar untuk hang out di cafe. Berbagai macam aktivitas bisa dilakukan di cafe, just name it laaahh..

Cafe menawarkan banyak layanan yang kita butuhkan. Nggak cuma sekadar untuk nongkrong lagi lhooo... cafe kini bisa digunakan juga untuk kepentingan bisnis. 

Kadang-kadang kita bertemu dengan klien di cafe. Sembari membincangkan bisnis, kita bisa bersantap sekaligus di tempat tersebut. Tentu saja hal ini mempermudah rangkaian aktivitas yang kita lakukan. Udah nggak jamannya lagi, meeting di suatu tempat, trus ntar pesan makanannya di tempat lain. 

Salah satu cafe yang tempatnya cozy, banyak spot untuk foto-foto keren, sekaligus hidangannya komplit, bisa kita temukan di Jl. Menteri Supeno Semarang. Bagi kalian yang tinggal di luar Semarang, saya beri gambaran ya tentang daerah ini. Area di wilayah Jl. Menteri Supeno ini termasuk pusat kota, dekat sekali dengan Simpang Lima yang ada di jantung Kota Semarang.

Jadi misal ada tamu dari luar kota dan ingin diajak makan siang sekaligus membicarakan urusan bisnis, udah tepat banget lah memilih lokasi yang berada di pusat kota. Semua orang familiar dengan Simpang Lima. Dari titik ini, mudah sekali untuk menuju kemana-mana.

Apa yang menarik dari cafe yang berada di Jl. Menteri Supeno no. 6 Semarang ini?



POSIN by Imperial, Legenda Bakery Jadul Khas Semarang


Bagi kalian yang asli orang Semarang, atau tinggal di kota ini sejak lama, rata-rata bakalan familiar ketika disebutkan nama toko roti Imperial. Toko roti ini sudah ada sejak tahun 1976 loh. Hayooo kalian sudah lahir atau belum? 😉

Produk andalan di Imperial tuh bakpao dan roti pisangnya loh. Endeus banget pas kapan saya nyobain tuh. Isian bakpaonya pun bervariasi, mulai standar yang kacang hijau hingga isian ayam dan daging sapi. 

Kini toko roti ini telah berkembang pesat dan menghadirkan Posin by Imperial, cafe dan bakery sekaligus yang siap memberikan pelayanan kepada pelanggannya secara lengkap. Tak hanya kue-kue nikmat dengan resep jadul, berbagai hidangan lezat pun siap kita santap di cafe-nya.

Kita tengok dulu yuk kayak apa suasana di Posin...

Masuk ke area Posin, kita bisa memarkir kendaraan di ground floor untuk sepeda motor. Sedangkan halamannya yang cukup luas bisa digunakan untuk parkir mobil. Dari ground floor ini ada pintu khusus menuju ruang tunggu kurir atau ojek online. 

Yang parkir dari ground floor pun bisa menggunakan pintu ini untuk mengakses tangga ataupun lift menuju lantai 1. Kalau aku sih pilih naik tangga saja. Tangganya cukup estetik, bisa untuk foto-fotoan lhooo... 

posin cafe and bakery
suasana lantai 1

Ketika masuk ke lantai 1, baik dari ground floor maupun dari pintu depan, akan tampak deretan roti yang menggugah selera. Begitu banyak jenis roti yang tersedia. Semuanya memanggil-manggil seakan minta untuk dibawa pulang. Kalau enggak ingat tas pinggang yang udah kian melebar, rasanya ingin kubawa pulang semua. 😉

posin cafe & bakery
aneka bakpao, roti andalan Imperial Bakery

Selain roti buatan Posin sendiri, ada juga berbagai penganan lain yang tersedia di lantai 1 ini. Aneka cemilan untuk oleh-oleh khas Semarang pun ada. Jika ingin menikmati roti dan penganan lainnya di tempat, lantai 1 punya ruangan untuk dine in yang sangat cantik. 

Dinding ruang untuk dine ini di lantai 1 ini dipenuhi dengan jajaran kaca bulat. Ruangan jadi terasa lapang berkat adanya kaca-kaca tersebut. Untuk pepotoan juga kece loooh... kayak fotoku di atas tadi.

Posin menyediakan juga toilet yang bersih dan mushola di lantai 1. Siapapun yang datang ke sini tak perlu khawatir ketika waktunya sholat tiba, bisa langsung dilakukan di area cafe ini tanpa harus bersusah payah mencari mushola di luar. Lengkap kaaann...



Posin Bakery & Cafe : Makan & Minum Enak, Suasana Nyaman


Lanjut yuk kita ke lantai 2, ada apa aja di sana?

Begitu masuk ke lantai 2, kita akan menikmati ruangan yang sangat nyaman. Ada ruangan super luas yang terbagi-bagi dalam beberapa bagian. 

Di Posin Cafe ini segala keperluan kita bisa terpenuhi, mulai dari sekadar bersantap sambil ngobrol, atau punya rencana untuk meeting dengan klien, baik dalam jumlah sedikit maupun banyak. 

posin bakery cafe

Keren dan berkesan vintage kan tempatnya.... 😍 Ada banyak lukisan kece dipajang di tiap-tiap bagian ruangan. Maunya sih foto dengan semua lukisan yang ada, tapi saat itu beberapa ruang sedang ditempati pengunjung lainnya. 

Ada ruang utama cafe yang luas, terbagi dalam dua bagian. Masing-masing bisa menampung 30 hingga 50 pax. Sedangkan ada sisi yang lain di lantai 2 ini yang bisa dijadikan tempat untuk meeting. Ada yang berkapasitas 8 hingga 10 orang, ada juga yang bisa hingga 15 orang. Tak ada sewa khusus untuk ruang meeting ini, cukup pembelian sejumlah 500 ribu atau 800 ribu saja untuk 3 jam penggunaan ruang. Sangat terjangkau ya.

Jika kita mengadakan meeting di Posin Cafe ini, tak perlu pusing lagi harus menyiapkan makanan besar maupun cemilannya. Posin kan punya bakery juga, jadi snack untuk tea break pun bisa langsung dipesan di sana. Enggak perlu repot ye kaaann... 

posin cafe semarang
Ruang Utama untuk dine in

Untuk hidangan cafenya ada apa aja?

Kapan hari aku dan teman blogger sempat ke sana dan menikmati beberapa hidangan yang direkomendasikan di Posin Cafe. Ada banyak sekali menu yang tersedia, mulai dari appetizer, soup, salad, pao, noodle, hingga main course. Berbagai minuman pun siap untuk dipesan sesuai kegemaran. Mau teh, kopi, jus hingga mocktail ada semua.

Saat pertama membuka lembaran-lembaran menu yang tersedia, langsung dong terpikat dengan Posin Ribs & Soup. Hmmm... ini dia, iga yang sepertinya kaya akan bumbu rempah, bakalan berpadu dengan soup yang segar sebagai pengimbangnya. 

posin cafe
Posin Ribs & Soup, 85k

Ada bumbu rempah yang begitu melimpah untuk iganya. Kali ini aku pesan yang rempah pedas karena memang suka cita rasa masakan pedas. Ada saus madu, asam manis dan lada hitam untuk pilihan saus bagi masakan iga ini. 

Untuk karbonya, bisa pilih nasi biasa atau nasi yang diberi kongbap. Senang dong bisa makan enak namun serat dalam tubuh tetap terjaga melalui kimbap yang ada di dalam nasi. 

Pendamping iga ini ada semangkuk sup yang segar. Isiannya ada wortel, tomat dan lobak. Dihidangkan pada mangkuk cantik yang ada tutupnya sehingga sup tetap hangat saat dinikmati. Plus ada empingnya juga, kriyuk-kriyuk favoritku tuuuh...

Yang suka hidangan salmon, boleh  cobain Norwegian Salmon Steak.
norwegian salmon steak by posin cafe
Norwegian Salmon Steak, 97k


Hidangan salmon rata-rata harganya di atas 100k loh. Di Posin ini harganya terbilang lebih murah dengan cita rasa yang tetap terjaga. Menurut temanku yang pesan hidangan ini, saladnya segar, ada rasa lemon di campuran salad dressing-nya. Sedangkan dipping sauce kejunya endeuuss banget. Berpadu dengan mashed potatos yang lembut, lengkap banget nih menyantap sajian salmon ini. 

Bagi penggemar masakan iga, bisa juga pilih menu berikut:

posin bakery and cafe
Iga Steak, 85k

Bagi yang memilih menyantap hidangan iga tanpa nasi, boleh pilih menu Iga Steak ini. Saus asam manisnya nikmat sekali dicoba dengan paduan mashed potatos ataupun french fries, pilih saja mau yang mana. Dilengkapi dengan salad sayur dan onion rings, hidangan ini bikin lidah berdecak sempurna. 

Nggak lengkap nih rasanya nyobain makanan di Posin tanpa memesan minuman segar. Pengin tau apa saja yang kami pesan waktu itu?

posin cafe

Pilihanku yang Greenwood Juice, jus sayur dengan campuran sawi, nanas dan lemon. Segaaarrr banget loh. Tidak terasa pahitnya sawi, enak banget dipadu dengan ingredient yang lain. Menambah serat bagi tubuh. 

Greenwood Juice, price : 22k

Sedangkan kedua temanku memilih minuman dari jenis mocktail, yaitu Rainbow Splash (harga 32k) dan Sunset (harga 30k). Aduduuu... kok jadi pengin nyicipin punya mereka juga ya, terlihat begitu segaaarr menggoda. Ntar kapan-kapan ke sana lagi kudu nyobain nih. 

posin cafe
I don't really have an office or anything, and I like to have to move location every two hours. So I just kind of write in a park, on a bench, in the library, in a cafe, back to the library, that kind of thing. ~ Steve Toltz


Yang mupeng juga untuk menikmati semua hidangan berkelas dari Posin Bakery & Cafe, sekaligus membuktikan cita rasa roti jadul khas Imperial, bisa langsung datang ke alamat berikut dan cek akun media sosialnya.


POSIN Bakery & Cafe

Alamat:

1. Jl. Menteri Supeno no. 6 Semarang 
📞: 081 326 498 498

2. Jl. Raung 3 Semarang
📞: 082 220 347 084

Instagram: 

Jam operasional:
07.00-21.00

Pesan via WA:

Post a Comment

60 Comments

  1. Mau sekedar nongki sambil makan bakpao juga bisa hingga makanan berat. Posin by imperial hidangan mengugah selera.

    ReplyDelete
  2. Makanan dan minumannya menarik2 mba. Sekarang ini cafe memang bukan sekedar tempat buat nongkrong aja ya, mereka juga menyediakan tempat untuk meeting bahkan tempat untuk private wedding

    ReplyDelete
  3. Udah tempatnya nyaman, Instagramable, eh strategis pula ya di dekat Simpang Lima. Kalau ke Semarang harus coba ke sini.

    Semoga kapan bisa ke sana, kafe ini masih ada dengan semua menunya yang menggiurkan itu. Terlebih salmonnya itu duh... Bikin lapar....

    ReplyDelete
  4. Bakpao dan roti pisang, keduanya adalah favoritku mbak. Kyknya aku bakal cucok nih makan di sana, nyemilin banyak bakpao hehe
    Makanan beratnya lebih ke khas western gtu ya mbak?
    Enak2 kyknya menunya
    Cafenya juga nuansanya gak ngebosenin TFS

    ReplyDelete
  5. Minumannya seger bener, makanannya menggoda dan harganya juga terjangkau ya. Aku paing suka tempatnya, asyik nih Posin by Imaperial buat hang out sama keluarga atau teman.
    Dan Imperial cafe & bakery ternyata seumuranku..1976 heuheu

    ReplyDelete
  6. Duh enak enak semua. Ngebayanginnya sampe ngencess. Posin by Imperial layak dicoba kalo mampir ke Semarang

    ReplyDelete
  7. Tempatnya nyaman banget ya bisa buat acara meeting juga makanannya menarik pula jadi pengen ada di sana dan menyantap makanannya hehe...

    ReplyDelete
  8. Makananya enak enak mba. Kebayang roti panas-panas makan langsung disana. Eh roti anget anget ☺. Kalau makanan berat kayak nasi dan lauk pauknya menunya lengkap banget. Naksir iga ama ikan salmonnya

    ReplyDelete
  9. menggodaaa banget menu2nya mbaa.. apalagi kalau yg buka ini toko roti yang terkenal di Semarang ya. jadi orang sudah tau branding dan rasanya kayak gimana.. bakal penasaran buat nyoba :D

    ReplyDelete
  10. wow, boleh nih mampir nanti kalau main ke semarang. makanannya berkelas banget. minumannya juga warna warni bikin ngiler bgt deh.

    ReplyDelete
  11. keren n cozy banget tempatnya. akutu kagum sama pengusaha kuliner yg bertahan lama sampai jadi legend spt posin ini. makin eksis. juga mau mengikuti perkembangan jaman dgn aneka ragam menu serta desain kafe yg kekinian. salut!

    ReplyDelete
  12. Namanya unik ya mbak Posin bu Imperial, gampang diingat. Belum pernah tahu ada cafe ini mbak waktu saya tinggal di Semarang. Jadi beneran nyesel, waktu tinggal di sana, saya ngapain aja yaa hihihi eh belajar pastinya yaa, bertapa di gunung sekaran hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cafenya baru ada belakangan ini kok mba. Yang udah ada dari dulu tuh bakerynya. Jadi dia memang perluasan bisnis dari bakery saja menjadi cafe yang lengkap sajiannya.

      Delete
  13. kalau one stop service seperti ini enak ya mba, Makanannya jadi komplit. Itu kelihatannya enak semuaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. btw mba Un, tempatnya juga cozy banget ya.. suka liatnya dengan hiasan yang buat suasana asri dan homey

      Delete
  14. Kuenya terlihat lezaaatt...kak Uniek.
    Terutama bakpao, aku penggemar bakpao banget banget.
    Isiannya macem-macem dan rotinya empuk, mashaAllah~
    Merindu makan di POSIN by Imperial.

    Kapan yaa...bisa ke Semarang lagi..?
    Biasanya kami menginap di hotel sekitaran Simpang Lima, agar mudah bila jalan-jalan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, pas tuh Lendy, Posin ini juga dekeeet banget dari Simpang Lima. Ga sampai 5 menit sampai.

      Delete
    2. Wah, bisa sembari menikmati keramaian di Simpang Lima.
      Suka sekali dengan hidangan cafenya yang serba sehat.

      Delete
    3. Yang terpenting kalau berkunjung ke suatu tempat itu memang tempat sholat dan tempat wudlunya yaa, kak..
      Aku pun merasa bahagia banget kalau cafe keren, terus tempat sholatnya juga bersih dan nyaman.

      Delete
  15. Aku tu orang Jateng tapi kok nggak akrab dengan Semarang ya... :D. Sungguh tidak tahu banyak tentang Semarang. Kalau baca2 tulisan mb Unik jd merasa dikenalkan dg Semarang. Tapi aku salah waktu baca postingan ini, yakni pas siang dan belum makan...huhuhuhu laperrrrrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau udah balik ke Jawa bisa sesekali mampir Semarang mba, ntar kita kopdaran yaaa...

      Delete
  16. Beneran deh itu kue-kue yang tertata rapi memaksa memanggil yang datang untuk mengambilnya untuk beli. Menggugah selera banget. Terus cafenya yang buat dine in. Itu konsepnya beneran cakep banget, sih. Suasana, penataan ruang sama warnanya bikin betah buat makan di situ. Kapan ya aku main ke Semarang, dan bisa mampir ke Posin Bakery & Cafe.

    ReplyDelete
  17. Kalau sebelum pandemi biasanya kalau keluar rumah aku prefer cari cafe yang memang bisa nongkrong lama. Selain punya beragam menu juga harus enak dipakai untuk kerja juga, apalagi kalau lagi hangout bareng sama teman-teman.

    ReplyDelete
  18. Seneng banget rasanya kalau bisa menikmati kuliner di cafe cantik dan kekinian.
    Aku kepincut deh sama Posin by Imperial Cafe & Bakery.

    ReplyDelete
  19. Sering lewat situ tapi ya belum mampir karena PPKM tapi kalo imperial punya aku yakin pasti menunya top markotop smua deh. Pankapan mampir ah

    ReplyDelete
  20. Wah, udah legend banget berarti, ya. Usianya udah 40 tahun lebih. Penasaran sama roti dan bakpaonya. Bisa bertahan selama itu, pasti banyak yang suka dengan rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyayaa, kak Chie.
      Sudah pasti kuliner rotinya semuanya legend.
      Kebayang kalau kesiangan dikit, bapau sama roti pisangnya uda keburu ludes.

      Delete
  21. Pernah ke Simpang Lima tapi gàk mampir kesini next mau cobain . Kayaknya pernah lewatin Jl. Menteri Supeno cuma gk sempet blusukan ke cafenya mba..

    Enak2 menunya semua

    ReplyDelete
  22. wah menarik dari segi design ruangan dan makanannya kayaknya menarik nih, seneng banget kayaknya bisa juga sambil kerja disini

    ReplyDelete
  23. Aku salfok sama salmonnya, jadi pengen bikin makan siangnya salmon nanti. Someday kalau sudah bisa main keluar kota mau juga ah masukin ini di list makanan yang harus ku coba.

    ReplyDelete
  24. Kereen tokonya masih bisa eksis sampai sekarang, apalagi mau mengembangkan inovasi dengan penambahan cafe, habis makan bisa beli roti buat oleh-oleh ya. Kalau ada kesempatan main ke Semarang lagi, boleh dicoba nih

    ReplyDelete
  25. Tempat yang luas, menu lengkap dan enak adalah koenji hangout yang nyaman bersama teman atau keluarga. Recommended banget nih

    ReplyDelete
  26. tempatnya nyaman ya mbak, trus keliatannya menunya enak2, aku jadi laper ngeliat menunya hahahaa

    ReplyDelete
  27. Tempatnya nyaman banget buat ngumpul bareng teman..
    Kayanya kalau aku ngafe di Posin bakalan betah banget :)

    ReplyDelete
  28. Waaaaa... enaakk enaaakk makanannya, aku ngileeerrr TT__TT
    Ini tempatnya aja aestetik banget, dan pasti bikin betah nongkrong makan-makan di sini, ada yang berat dan ringan pula bikin nggak perlu kemana-mana lagi.

    ReplyDelete
  29. Di Bogor juga ada mbak kafe dengan konsep mirip gini. Enaknya tu pilihan menu beragam. Kalau pas gak mau makan besar bisa mesen minuman sama makan roti atau kuenya aja ya.
    Menunya Posin mantul nih, kyknya lebih ke western gitu ya mbak.
    Asyik kyknya kalau bisa ke sana bareng keluarga atau teman dekat.
    Moga kapan2 kalau ke Semarang bisa mampir :D

    ReplyDelete
  30. Ini Imperial yang terkenal ituuu? Aku pernah lihat di acara tv beberapa tahun yang lalu. Sekarang makin lengkap dengan adanya Posin. Waw aku terpesona sama Norwegian Salmon Steak dengan mashed potatos-nya. Looks yummy!

    ReplyDelete
  31. Iya mbak, cafe sekarang ga cuma jadi tempat nongkrong aja ya mbak, tapi jadi tempat kerja juga. Karena cafe yang nyaman biasanya juga menyediakan Wi-Fi untuk pelanggannya.

    ReplyDelete
  32. Asik banget ini selain kenyang bisa banyak dapat konten juga ya mak, mantap deh

    ReplyDelete
  33. Hidangannya semua menggiurkan. Dari penataan sampai warnanya menarik banget. beneran berkelas ya Mbak Niek.

    ReplyDelete
  34. Kalau ke semarang harus coba pergi kesini. Tmptnya bagus buat foto sama makanannya menggoda banget apalagi salmonnya

    ReplyDelete
  35. Aku jadi ngebayangin deh aromanya saat berada di tempat bakery kayak gini. Pasti enak banget dan bikin mood bagus. Mau ih mampir ke sini juga!

    ReplyDelete
  36. Bagus banget ini cafenya dan aku belum pernah ke sini jadi kepengen ke sini deh suatu saat nanti gitu

    ReplyDelete
  37. Wah asyik banget, niat banget cafe ini y Mba. Banyak variasi menunya, roti-rotian juga ada. Akan bisa lama-lama disana deh kayanya. Btw wifi gimana mba? Ok ga?

    ReplyDelete
  38. Jadi pengen ke semarang lagi, bagus bgt suasana kafenya, kliatan nyaman bgt dan estetik jg uk poto2 kliatannya. Kepincut sunsetnya aku ah segerrr

    ReplyDelete
  39. wuaaah kafe ini cocok nih buat acara gathering blogger
    makanannya roti-rotian dan minuman yang aestetik
    tempatnya cozy dan instagramable
    boleh nih nanti kalo aku ke semarang kita meet up di sana yak, hehe

    ReplyDelete
  40. masyaallah makanan dan minumannya bikin kabita banget deh teh. Kalau ke semarang bisa jadi alternatif buat lunch ya di sana

    ReplyDelete
  41. Jl. Menteri supeno ini apa yg biasa jual tahu gimbal bukan mb ? Kalau iya maka saya tahu lokasinya namun sayang banget saya ga tahu ada cafe sekeren ini..next mau kesana ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda mba dari yang deretan tahu gimbal. Kalau tahu gimbal kan seputaran taman dekat Smansa, klo Posin tuh Menteri Supeno yang arah ke Mugas, dekat kantor Kompas Gramedia.

      Delete
  42. Bakpaooo!
    dari kue-kue lucu sampai makanan utama tersedia di Posin ya.
    Ku catet nih kalau mampir semarang bisa beli oleh-oleh di Posin aja.

    ReplyDelete
  43. Kayaknya luas juga cafe nya ya mbak, menunya lengkap juga. Kalo aku kesana pasti bakal lama foto-foto soalnya bagus tempatnya

    ReplyDelete
  44. Cakep banget cafenya... Semua sudut bisa jadi spot foto. Tampaknya nyaman juga ya. Tapi harga makanannya lumayan juga ya Mbak. Sesuai sih dengan tampilannya. Menggugah selera.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang harganya di bawah itu banyak kok mba, kebetulan aja ini pas nyicipnya yang di atas 50k semua makannya. Paket 45k udah plus minum juga ada.

      Delete
  45. Wah keren cafenya, instagramable banget.. kalo ngomongin bisnis di cafe jadi betah nih😍

    ReplyDelete
  46. Cafe emang bikin kita lupa waktu dan lupa abis jajan berapa, hahaha saking betahnya duduk di cafe apalagi kalo bawa anak kecil, udah deh gak mau pulang kadang anak sampe tidur dan bangun lagi.

    ReplyDelete
  47. Dududuh, asyik banget nih tempat kayak gini. Selain bisa nongkrong dan makan, pulangnya bisa beli-beli buat oleh-oleh ya. Di sini di mana ya yang kayak gini? Agak jarang kayaknya. Aku malah gak tahu. Biasanya terpisan sih. Paling deket pun ya sebelahan beda tempat.

    ReplyDelete
  48. Wuih kafenya bagus, roti2nya terlihat enak mba. cocok bgt buat nongki2

    ReplyDelete
  49. ngiler salmon setiknya diriku mba Uniek, semoga bisa makan ke sini kapan-kapan kalau ke Semarang aku belum pernah makan salmon stik ini.

    ReplyDelete
  50. Tempatnya nyaman banget ya mba, Mudah-mudahan pas kes semarang bisa mampir, terlihat Instagramable baik hidangan maupun tempatnya.

    Dari dulu kalau ke Semarang sering mampir ke toko roti. Makasih rekomendasinya Mba.

    ReplyDelete