Raos Tuman : Teman Berbuka Puasa




Kita buka puasa pake apa nih Bu hari ini?

Siapa saja ibu yang rutin mendapatkan pertanyaan seperti ini dari anak-anaknya di kala bulan Ramadhan? Aku yakin pasti banyak kan ya yang mengalami nasib sama denganku. Udah kayak sensus aja ditanya-tanya melulu. 😁

Lalu pernah nggak sih mengalami mati gaya, mau bikin masakan untuk buka puasa apa gitu? Kemarin habis bikin mendoan, sebelumnya buka puasa pake tahu bakso, sebelumnya lagi bakwan sayur. Setelah beberapa hari, rasanya nge-blank deh harus mikirin bikin menu buka puasa yang lain.

Pas banget ketika ide macet mau bikin apaan untuk buka puasa, ada salah seorang teman yang menawarkan makanan yang sepertinya layak banget untuk dicoba. 

Sudah pernah menikmati sajian nasi bakar?


raos tuman nasi bakar


Bagi penggemar gurihnya olahan nasi, bisa banget nih nyobain nasi bakar dari Raos Tuman. Coba saja intip di akun instagram @raostuman dijamin bakalan ngiler melihat tampilan nasi bakar yang disajikan. Aku aja langsung buru-buru pesan ketika Jeng Fenty, owner Raos Tuman, buka PO untuk berbagai nasi bakar yang diolahnya untuk persiapan berbuka puasa.

Di masa pandemi Corona, mau bukber di luar jelas bukan merupakan pilihan yang tepat. Pesan makanan saja yang dijamin sehat seperti nasi bakar Raos Tuman gini. Apalagi pilihan topping nasi bakarnya ada beberapa loh.




Buat yang kurang suka dengan olahan ikan sepertiku, bisa pilih yang varian ayam. Selain topping ayam, Raos Tuman juga menyediakan varian ikan tongkol, cumi asin dan ikan asin peda.

Kemarin keluargaku menikmati 3 varian topping Nasi Bakar Raos Tuman, yaitu ayam, cumi asin dan ikan asin peda. Menurut suamiku yang gemar dengan rasa ikan asin, yang varian ikan asin peda enhaaagg bingit.

Alhamdulillah, pilihan untuk memesan nasi bakar di Raos Tuman ini sesuai dengan lidah keluarga. Lha gimana nggak bikin lidah terpikat ya kalau paduan nasi dan toppingnya itu masih dilengkapi dengan kehadiran olahan daun pepaya, kemangi dan cabai rawit pedasnya yang menggoda.

Wah, pakai daun pepaya, emangnya ga pahit?

Buat aku yang biasanya nggak suka dengan daun pepaya, kali ini kuakui olahan dari Raos Tuman ini bikin aku berubah pikiran. Daun pepayanya diolah dengan sempurna, menyatu dengan bumbu yang ada di toppingnya. Nggak pahit sama sekali. Malah berasa manis sih kalau menurutku.


raos tuman nasi bakar ayam
Nasi Bakar Raos Tuman dan pelengkapnya

Saat ditawari mau pesan yang mini atau jumbo, aku bingung enaknya pilih yang mana. Untuk nasi bakar mini, harga 12k, sedangkan yang jumbo 18k.

Akhirnya aku pesan 5 porsi nasi bakar mini untuk seluruh anggota keluarga, masing-masing dengan pilihan topping sesuai kesukaan. Untukku, anak wedok dan yangti, topping ayam menjadi pilihan kami. Sedangkan anak lanang dan ayah, ada nasi bakar cumi asin dan ikan asin peda yang sesuai dengan selera mereka.

Nasi bakar ini dikemas dalam bungkusan daun pisang, dilengkapi dengan kerupuk dan sambal. Gimana rasa sambalnya, pedas kah?

Wuaahh.. sampai melintir lidahku rasanya gara-gara pedasnya. Sedangkan anak wedok bilang biasa aja pedesnya. Walaahh... kuat juga ya dia sama pedes-pedes gini. Mantep tenan pokmen. 👌👍


raos tuman semarang nasi bakar
Nasi Bakar Ayam - Raos Tuman

Pengin lihat gimana penampilan nasi bakarnya?

Ini dia. Tuh kan, topping ayamnya melimpah ruah. Pas banget dengan porsi nasi yang disajikan. Ada lapisan daun pepaya, ayam pedas gurih, daun kemangi dan cabai rawit. Paduan dari semua isian sebungkus nasi bakar ini benar-benar memuaskan selera.

Alhamdulillah. Buka puasa kami sekeluarga terasa sangat nikmat berkat sajian Nasi Bakar Raos Tuman. Bagi teman-teman yang ada di Semarang dan sekitarnya, bisa banget ya pesan nasi bakar yang rasanya mantap banget ini. Gurih dan pedasnya beneran menggugah selera makan.


RAOS TUMAN
Whatsapp : 0815 7541 9557
Instagram : @raostuman

Post a Comment

80 Comments

  1. Nasi Bakar ya? Belum pernah makan selama ini, jadi penasaran gimana rasanya. Sayang jauh jadi ga bise dipesan. Hikzzz...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, dijadikan alternatif usaha baru aja di sana, bang. Lumayan jadi pioneernya nasi bakar ntar.

      Delete
  2. Enak aya nasi bakar yang dijual gitu. Di sini kayanya belum ada deh. Atau aku aja yang jualan ya. Mupeng sama cumi asin atau ikan peda. Nyandu, maknyooosss :) ngiler

    ReplyDelete
    Replies
    1. He emh, bro, bisa untuk kesempatanjualan tuh kalau belum ada yang jualan sejenis. Klo udah bikin, kirim yo ke Semarang. ;)

      Delete
  3. Pernah icip nasi bakar tapi sayangnya pas di rumah yang dulu. Di tempat baru belum nemu yang jual nasi bakar. Huhuhu.

    Btw, aku ngga berani mampir ke IGnya Raos Tuman. Takut terbayang ahaha

    ReplyDelete
  4. Ya ampun kalau buka makan pakai raos tuman ikan peda. Pasti enak banget. Apalagi makan pakai tangan. Nikmat. Mertua lewat, Lupakan.

    ReplyDelete
  5. Salah nih saya baca artikelnya siang2 gini, kan jadi ga fokus puasanya, hihi. Nasi bakar emang enak ya Mbak, rasanya gurih plus wangi daun pisang... Hmm, udah kebayang dech aromanya.

    ReplyDelete
  6. aduh liat menunya kok menggiurkan semua, saya naksir nasi bakarnya mbak, sepertinya nikmat sekali ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebayang aromanya sampai ke sini hahahaa untung ga puasa, kalau nggak saya udah tergoda :)

      Delete
  7. Aku bacanya pas banget siang-siang gini liat nasi bakar Raos Tuman makin menjerit perutku mbak ahahaha.

    ReplyDelete
  8. Aku suka nasi bakar. Duh ngebayangin nasi bakar ikan asin peda hhmmm pasti nikmaat tuh. Apalagi ada daun kemangi dan daun pepayanya, kesukaanku.

    ReplyDelete
  9. Ya ampun mba...aku belum pernah coba nih Raos tuman, denger aja baru disini. Trus berhasil bikin aku ngiler dong, langsung aku kepoin IG nya...bahaya emak² baca soal makanan mah

    ReplyDelete
  10. duh nasi bakar ayamnya menggoda baget deh, pengen cobain juga jadinya hehehe, udah lama ga makan ayam bakar

    ReplyDelete
  11. Wah, aku paling doyan nasi bakar nih mbak. Aroma bakarannya tuh khas banget yah.

    Kayaknya nasi bakar cumi asin endeus banget deh hehe.
    Jadi pengen buka puasa pake nasi bakar nih!

    ReplyDelete
  12. Hahahaha, anak saya banget, bikin bete kadang-kadang, soalnya jadi semacam tekanan kalau saya kudu bikin menu yang lain lagi, yang enak pastinya :D

    bukan cuman buka puasa, sahurpun demikian, padahal saya benci lama-lama di dapur, jadinya masak apa aja yang ada di kulkas, palingan dikurang tambahin bumbu hahaha.

    Btw enak juga nih raos tumannya, apalagi yang menu seafood, saya mah paling suka seafood, jauh lebih suka ketimbang ayam.
    Yang tongkol tuh, kena nasi bakar, plus sambel.
    Duuhhh lapar :D

    Untung saya bacanya malam-malam, bukan pas puasa :D
    Apalagi lauknya melimpah ya Mba, makin ngilerrrr

    Sesekali kalau bosan masak, pesan nasi raos tuman ini udah paling praktis deh buat buka puasa :)

    ReplyDelete
  13. hmmm enaknya mbaca pas hbs selsai sahur untungnya hehe

    ReplyDelete
  14. kayaknya enak ini :D lihat gambar aja sudah menggugah selera. Bisa nih kalau lagi bingun masak apa atau lagi males masak tinggal pesan aja di raos tuman

    ReplyDelete
  15. Wah nasi bakarr jadi ide buat hari ini ah. Gurih dan harum enak

    ReplyDelete
  16. Saya paling cinta banget dengan nasi bakar mbak. Tapi, jujur nggak pernah bikin sendiri seringnya beli hihiih
    Dan ini asli topingnya banyaaak, kalau saya ini pasti repurchase terus jadi pilihan untuk beli kalo gak masak.

    ReplyDelete
  17. Kalau makan ke resto sunda, salah satu menu yang dipilih biasanya nasi bakar karena memang semua suka, kalau bisa pesan antar gini lebih praktis ya, duh kayaknya enak banget buat menu buka puqsa

    ReplyDelete
  18. aku suka nasi bakar cumi mba, atau nasi bakar ikan cakalang, hmm yummy! apalagi kalo cabe rawit Jawa yang berlimpah

    ReplyDelete
  19. Aku ngiler liat bentuk nasi bakarnya yang ginuk ginuk, kebayaang baunya habis dibakar itu plus ada cabe rawit menul menul, ampun deh, Indonesian food emang dahsyat, Esmeralda!

    ReplyDelete
  20. Ya Allah enaknya, untung sebentar lagi buka puasa hihi, udah ngiler banget aku. Kangen makan ini di Surabaya.

    ReplyDelete
  21. Waa...kebalikan sama keluargaku nih. Keluargaku paling suka masakan ikan. Btw, nasi bakarnya keliatan enak banget.

    ReplyDelete
  22. Aku sering, fav kalo di Bandung ini, banyak yang jualan dan ku punya langganan. Btw, itu meni ngileer banget Nasi bakarnya.

    Aku suka bikin di rumah dengan berbagai toping, yang paling nikmat yang ada terinyaaa.

    Mo kepoin akun ignya raostuman, yang sundanesse banget hihii, kebiasaaan enak nih artinya..

    ReplyDelete
  23. nyaaam ini cocok banget jadi menu berbuka puasa ya kayanyaa, udah lama nggak makan nasi bakar jadi pengen nasi bakar juga deh hehehe

    ReplyDelete
  24. Pernah nyobain baru sekali langsung ketagihan, memang rada jarang ya yang nyediain makanan nasi bakar kayak gini

    ReplyDelete
  25. Wahh terjangkau juga ya mba harganya terus enak gitu kelihatannya jadi makin pengen hehehe

    ReplyDelete
  26. Aduh nasi bakarnya amat menggiurkan yah kak.Hmmmm pengen coba deh rasanya. Semoga suatu saat bisa ada kesemparan mencicipinya langsung. Hiks mau buat tapi mager

    ReplyDelete
  27. untung bacanya pas abis taraweh, jadi ga krucuk2 deh ahahah.
    tapi beneran itu bikin ngiler. nasi bakar hmmm yamii

    ReplyDelete
  28. Kalau dalam bahasa sunda, raos itu enak dan tuman itu kebiasaan. Jadi mungkin kebiasaan enak kalau dalam bahasa sunda ya hehehe. Coba deket dari Bandung, ku pengen nyobain. Apalagi kalau olahan daun pepayanya ternyata ga pait. Hmmm sebagai penggemar lalapan aku mesti nyobain nih

    ReplyDelete
  29. Somehow daun papaya memang pahit tapi kalo bisa ngolahnya jadi enak mba, bunga papaya juga enak.. wah jadi pengen makan nasi bakar raos tuman

    ReplyDelete
  30. Waduuhh Nasi Bakar.. lihat fotonya itu ada cabe rawit merah, duh kebayang deh endesnya mba

    ReplyDelete
  31. Sejak vegetarian, aku jd makan sayur apapun yg dulunya aku hindari kyk daun pepaya dan terong 🤭

    ReplyDelete
  32. Enak banget ini ya, sedep keliatannya. Alhamdulillah baca pas mau sahur nih haha jadi ngilernya ga bikin batal

    ReplyDelete
  33. Kalau ada nasi bakar itu di sini, aku bakalan pesan deh. Toppingnya juga banyak. Bikin nagih banget nih mba Uniek

    ReplyDelete
  34. Nyaaammm suedeepp nasi bakar ini Mak
    Aku sering pesen nasi bakar juga di GrabFood
    Aroma kemanginya endeus

    ReplyDelete
  35. aku suka banget sama nasi bakar apalagi yang cumi duuhh rasanya di lidah itu lezat banget, bisa nyobain pesan niy kayaknya

    ReplyDelete
  36. waah, nasi bakar, udah lama gak makan nasi bakar ini. jadi pengen buat juga deh nanti, secara disini belum ada Raos Tuman. ehyaa tadi kirain Raos Tuman itu nama masakannya, ternyata brand toh :)

    ReplyDelete
  37. nah betul biasanya daun pepaya itu pahit tapi kalau yang mengolahnya pintar biasanya ga pahit, wah jadi pengen cobain deh sampai ada menu daun pepayanya juga

    ReplyDelete
  38. Alhamdulillah banyak pilihannya ya pesan makanan di Raos tuman, sayangnya jauh sih yaa. Kalau Deket pengen nyobain juga

    ReplyDelete
  39. Nasi bakar ayamnya sungguh meggoda selera mba uniek. Mau ah nyobain juga kalau kesempatan main ke mba Uniek pesenin ya mbaaaa. Hehhee

    ReplyDelete
  40. Toping ayamnya banyak juga ya, Mbak. Bagi penyuka pedas, nasi bakar dari Raos Tuman pastinya bakalan jadi menu favorit ya...

    ReplyDelete
  41. Ya Allah mbak nasi bakarnya bikin lapar. Raos tuman...emang rasanya bikin nagih ya untuk kembali beli nasi bakar alias tuman pengen mbalik lagi hahaha....coba kalau dekat pasti aku beli. Anakku suka banget makan nasi bakar.

    ReplyDelete
  42. Nasi bakar gurih, wangi memang menggoda dan cocok buat berbuka ya

    ReplyDelete
  43. Widiih jadi pengen nyoba nasi bakarnya Mbak. Duh dimana ya di sini dapatkan nasi bakar.

    ReplyDelete
  44. Nasi Bakar Ros Tuman nya ini enak banget mbak, apalagi tampilannya buat lapar. Kemarin buat nasi bakar tapi masih gagal hihi

    ReplyDelete
  45. ya ampuuun mbaa ini asliii bikiiin ngileer yaa...dan kayaknya memang esak bangeet ini menunyaaa

    ReplyDelete
  46. Weleh,aku jadi pengen nih,ntar beli ah nasi bakar buat buka puasa suamiku. Kalo aku lagi diet jado cukup roti gandum dan buah,hehe.

    ReplyDelete
  47. Aku suka banget sama nasi bakar apalagi dikasij kemangi. Enak banget. Kalo deket aja ta pesen ini Raos Tuman

    ReplyDelete
  48. Namanya unik yaa..
    Raos tuman.

    Beneran mengundang selera.
    Apalagi masakan khas Sunda.

    ReplyDelete
  49. Emang enak nasi bakar mba beuh maknyos sayangnya nasi bakar langgananku di sini tutup krn pandemi ini huhuhu

    ReplyDelete
  50. Saya narik napas lihat nasi bakar jam segini hahahah. Enak banget itu nasi bakar. Apalagi kalau rasanya pedas

    ReplyDelete
  51. Masih jam 4 sore, dan aku pas baca postingan ini. Duh godaan ini, bikin ngiler.

    Kalau untuk menu berbuka, anak-anak saya ngikut aja. Kalau buat sahur baru mereka punya permintaan khusus

    ReplyDelete
  52. Aku banget, mbak. Pertanyaan yang menakutkan bagiku, Mah masak apa lagi nih? Horor banget kan. Heheh. Toss deh

    ReplyDelete
  53. Duh, suka banget nasi bakar, jadi pengen order juga..pasti rasanya endeus..semoga ntar abis Corona kita bisa ngumpul bareng dan makan-makan yaa kangeeen...

    ReplyDelete
  54. Bener deh ini sukses bikin tuman siapa aja untuk datang kembali. Tp sayang ini korono hancur kan segalanya

    ReplyDelete
  55. Raos Tuman murah hati banget ya, ngasi topping mpe luber2 gitu. Jadi pengen icip juga nih... Tapi kirim ke solo ke jauhan ya. Nunggu pandeminya reda baru aku yg main ke sana

    ReplyDelete
  56. Hiks sekarang aku mengalami mati gaya. Mau masak apa kok jadi mikir. Karna anak juga pengen selalu rikues makanan enak kayak makanan raos tuman ini :)

    ReplyDelete
  57. Ya Allah Mbak, jadi kangen ikan asin peda. Itu menu favorit keluarga besar kami di Garut. Memang rasanya esdesss apalagi dimakan dengan nasi hangat berikut sambal dan lalapan.

    ReplyDelete
  58. Duhjadi ngiler ini hehe, beneran raos yah ini?

    ReplyDelete
  59. Aku liat ini siang siang dan ngiler sama makanan nya kayaknya emang enak banget ya mbak

    ReplyDelete
  60. Aku sudah lama gak makan nasi bakar selama karantina ini, jadi ngiler karena baca postingan mba mendekati waktu Maghrib 😆

    ReplyDelete
  61. Ternyata aku pernah beli di warung Raos Tuman, mbak. Tapi belum nyicipi nasi bakar nya. Pengen beli buat menu buka minggu depan deh

    ReplyDelete
  62. Duh enakkkk. Awal2 seneng masak trus skrg2 kok ya mulai males masak pengen beli ae wes. Pas bener makan ini ya raos tuman

    ReplyDelete
  63. Seandainya Raos Tuman ada di Bandung, kayakny saya juga bakalan pesan untuk teman berbuka puasa. Apalagi kalau lagi malas masak, mendingan pesen, deh!

    ReplyDelete
  64. Puasa kayak ini, volume makan nasi di rumah menurun drastis, mungkin kalo ada nasi bakar bisa nambah selera ya Mba, cara mengolah makan yang unik, bisa gugah selera juga

    ReplyDelete
  65. Aku suka daun pepaya tapi ya sama dengan catatan diolah dengan bener. Kalau agak pahit dikit asal gak nylekit gpp, apalagi pakai sambel makannya dan nasi anget yg dibakar gtu mbak :D

    ReplyDelete
  66. Saya selalu suka dengan makanan yang dibungkus dengan daun pisang. Rasanya beda, daripada dibungkus dengan kertas atau plastik.

    ReplyDelete
  67. Suwiran ayamnya muanteb mbaakk. Sudah lama aku nggak makan nasi bakar. Jarang ada yang jual itu lho.. Kalau ayam bakar banyak yang jual

    Harganya murah juga ya, cuman 12 ribu. Lebih hemat lah ketimbang bukbet di luar, belum jajan lainnya

    ReplyDelete
  68. Nasi bakar bikin ngiler nih jadi pengen mencoba di rumah, tapi juga pengen ngerem makan macem-macam, halah...sejak WFH naik timbangan hihi...

    ReplyDelete
  69. Aku udah searching instagramnya raos tuman karena penasaran, trus ternyata buat di Semarang XD
    yah ga bisa pesen

    ReplyDelete
  70. Hadeeuhh..baru liat fotonya aja saya udah ngeces nih. Ini kalo mau pesen ada minimum ordernya ga ya?

    ReplyDelete
  71. Duh kalau lihat kayak gini. Buka puasanya jadi pengen cepet2 nih.. auto ngiler lihat nasi bakarnya. Sedap tuh😋

    ReplyDelete
  72. Aku suka nasi rawon tapi ga pedes dan kalo makan nasi bakar sama daging nikmat banget

    ReplyDelete
  73. Kalau ke semarang kayaknya harus coba Nasi bakar raos tuman ini, awas aja nih nanti tuman ketagihan ,,hee
    Toping ayamnya menggoda banget apalagi ada cabe rawit diatasnya.

    ReplyDelete
  74. Wah cuss ke IGnya deh ngepoin Raos Tuman, pas banget buat hidangan berbuka puasa ya,, apalagi masa pandemi gini dan bulan Ramadan, kita musti menguatkan sistem imun dg makanan seperti ini nih

    ReplyDelete
  75. nasi bakar yg suwiran ayamnya banyak banget tuh emang luar biasa rasanya yak. apalagi kalah dimakan pas buka puasa begini, woaaaa...surga

    ReplyDelete
  76. menu nasi bakar ini pilihan yang pas buat berbuka maupun sahur, satu bungkus sudah ada lauknya, beneran praktis deh ya

    ReplyDelete
  77. Duh...duh..., nasi bakar yang menggiurkan ituuuu...

    ReplyDelete