Sambal Kecombrang

DSCN3770


Adakah sahabat semua yang belum pernah melihat wujud bunga kecombrang? 

Tanaman ini memang tidak tumbuh di banyak tempat, sehingga yang mengetahui wujudnya pun hanya sedikit. Bahkan ada pula yang tidak tau bahwa bunga yang wangi ini enak sekali saat dimasak. Dicampurkan ke dalam megono maupun lodeh syedaaappp....



bunga kecombrang
bunga kecombrang

Nah kali ini saya sedang ingin bereksperimen bersama kecombrang (disingkat menjadi combrang). Bunga combrang mentah ini saya uleg bersama dengan sambal terasi matang.

Tadinya nggak ngira banget kalau rasanya bakalan syedap berkezab-kezab giniiii... Rada pesimis saat utinya anak-anak memberitahu bahwa sambal combrang itu layak dicoba.

Ya, hanya bawang merah, bawang putih, cabe merah dan terasi yang ditumis dengan sedikit minyak hingga agak layu, kemudian diuleg bersamaan dengan bunga combrang yang sudah diiris kecil-kecil, sedikit gula jawa dan garam. Hmmm.. kriyuk-kriyuknya bunga combrang ini bikin mata merem melek gak brenti brentiiii.... *makan apa kelilipan

Sambal combrang ini saya makan untuk menemani nasi hangat, tempe goreng dan oseng-oseng kenci (selada air).


Oseng-oseng Selada Air
Oseng-oseng Selada Air

Mau tau rasanya?? Kata Upin Ipin sih : syedapnyeeeeeeee 😍😍


DSCN3773

Post a Comment

10 Comments

  1. kayaknya uenak tenan...tapi dimana bisa dapat bunya kecomrang...?

    ada nih di rumahku Mak Ida, silakan klo mau nempil ;)

    ReplyDelete
  2. duh,bakal abis deh nasi sebakul...nambah terusss hahaha....

    ayoookk bikin nasi lagi buruan ;)

    ReplyDelete
  3. Waah, kalau dilihat dari fotonya sih enak tuh. Jadi pengen nih. :D

    nggak cuma dari foto, rasanya mmg enak bingiiiitt

    ReplyDelete
  4. Laparrrrrr

    hayuuuk sini makaaannn

    ReplyDelete
  5. belum pernah makan :(

    kecian deh

    ReplyDelete
  6. waahhh bs nambah nasi terus tuh kalo sambelnya uwenaakk

    bener sekaleeee :D

    ReplyDelete
  7. jadi ingat kereta api. nyampe purwokerto njuk peceeel peceeel pk combrang.


    wah, perlu diinspect nih Purwokerto ada pecel yg pake combrang, yummiiiii

    ReplyDelete
  8. uenak kayaknya mbak :))

    poooll enaknya ;)

    ReplyDelete
  9. sejak nonton master chef aja aku mulai tau kecombrang ,sebelumnya malah gak tau :)

    aku dong tau dari dulu, tapi gak pernah masak ;)

    ReplyDelete
  10. weleh weleh..bikin friend2 nya gemes tuh.... and pingin bingiiiit...


    weittss...kakak tertua sudah muncul di dunia maya hihihiii...nyoook nyombrang disit yuuuu ;)

    ReplyDelete