Bright Ramadhan, Ngabuburit Asyik A la Harris Hotel Semarang

 
bright ramadhan ngabuburit asyik harris hotel semarang


Buka puasa di hotel, why not? Salah satu hotel yang memiliki menu buka puasa yang sangat beragam adalah Harris Hotel Semarang.

Hotel yang terletak di Jalan Ki Mangunsarkoro, sepelemparan handuk saja dari pusat kota Simpang Lima, secara rutin menggelar acara bertajuk Ngabuburit Asyik sepanjang bulan Ramadhan. Bagi Konco Makan & Dolan yang tak ingin jauh-jauh mencari tempat bukber dari pusat kota, pas banget kalau ke Harris Hotel Semarang.

Buat kalian yang baru saja tau tentang Harris Hotel dan sajian menunya yang bervariasi, boleh sini ya tengok dulu ke tulisanku yang ini : HARRISLy Bubur Malam, Malming Memikat Berkat Sajian Nikmat  <-- langsung klik saja yaaa..

Okay, yuuk lanjut ke buka puasa bersama alias bukber di Harris Hotel, ada apa saja di sana?



Bright Ramadhan, Konsep Bukber Asyik a la Harris Hotel Semarang


Mengapa Harris Hotel menamakan acara buka puasa bersama dengan sebutan Bright Ramadhan?

Ternyata, ada visi dari Harris Hotel untuk menjadikan bulan puasa kita ini penuh semangat dan warna-warni ceria. Buka puasanya pun harus penuh warna juga, alias beraneka ragam hidangan yang akan memanjakan lidah.


Ada Lebih dari 188 Menu Setiap Hari


Saat melangkah masuk di Harris Cafe lantai 7, Harris Hotel Sentraland Semarang, indera penglihatan langsung dimanjakan oleh jajaran hidangan yang tersaji dengan rapi. Wuuuaahhhh... banyak sekali varian makanannya, begitu batin saya saat pertama kali melihatnya.

Penasaran dong melihatnya satu-persatu, mulai dari yang paling depan, dekat dengan gerbang masuk area Ngabuburit Asyik ini. Terlihat ada ayam digantung di atas tungku, ada juga beberapa kuali bertutup yang berjejer di bawah ayam tadi. Apa pula ini ya, batin saya saat itu.

Berlanjut ke sebelahnya, tampak pan super lebar dengan tulisan XO Fried Rice, ealaahh... apa lagi ini ya? 

Belum lagi ketika lanjut ke stal sebelahnya, ada kayak roda keju super besar bersanding dengan aneka macam pasta. Hmmm... sepertinya berbagai jenis pasta ini akan dimasak menggunakan keju ini nih. Keju tersebut tampak kokoh dan keras, apakah itu? Nanti kita bahas lebih lanjut yaaa..

bright ramadhan ngabuburit asyik harris hotel semarang

Masuk ke bagian tengah Harris Cafe, langsung terlihat berbagai sajian segar di depan mata. Ada buah-buahan, aneka manisan, kurma yang melimpah, kolak, bubur, es buah, dan lain-lainnya. Bagian sebelah tengah ini biasanya akan menjadi pilihan pertama untuk membatalkan puasa terlebih dahulu. Ye kaann... berbukalah dengan yang manis.

Ada beberapa macam menu refreshment yang disediakan, terdiri dari : kurma, manisan mangga muda, manisan salak, manisan kedondong, soup buah dan 5 jenis permen. 

bright ramadhan ngabuburit asyik harris hotel semarang

Sedangkan untuk hidangan manisnya ada : bubur kacang hijau, bubur ketan hitam, bubur sumsum, bubur mutiara, kolak pisang, kolak ubi dan kolak biji salak. Nah loooh... bingung kan mau pilih yang mana.

Lanjut yuuk ke sajian berikutnya. Nah, kalau yang satu ini, saya yakin bakalan banyak yang suka, tetap merindu walaupun harga minyak goreng membubung tinggi. Yups, Konco Makan & Dolan pasti tau apa yang saya maksud kaann...

Mengapa Harris Hotel menamakan acara buka puasa bersama dengan sebutan Bright Ramadhan?

Berbagai macam gorengan atau assorted friters tersaji, seperti : bakwan sayur, bakwan jagung, tahu isi, singkong goreng, tahu petis, tempe mendoan, ubi goreng dan pisang goreng. Buat kalian fans gorengan, paling suka yang mana nih?

Aneka gorengan tetap disuka meskipun anjuran makan sayur dan buah selalu digaungkan. Ya gapapa lah, setelah makan buah dan sayuran, lanjut gorengan boleh kaann... 

Nah, kalau mau mampir ke stal salad bar, boleh juga kok. Setelah menyantap kurma dan buah, lanjut aneka salad segar akan lebih bagus. 

Aneka gorengan tetap disuka meskipun anjuran makan sayur dan buah selalu digaungkan. Ya gapapa lah, setelah makan buah dan sayuran, lanjut gorengan boleh kaann...


Tersedia 10 varian sayuran segar di bagian salad bar ini, disertai dengan 5 salad dressing yang bisa dipilih sesuai selera. Jika ada yang gemar menggunakan salad dressing dari olive oil saja, maka bagi saya yang paling menggugah selera adalah thousand island dressing, hmmm.. yummy banget. 

Oya, bagi yang pantang gorengan, tetap bisa dong menjalankan pola makan sehat serba dikukus. Ada kok healthy corner yang menyediakan aneka godokan/rebus seperti ini :

bright ramadhan ngabuburit asyik harris hotel semarang

Ada pisang, ubi, kacang, jagung manis dan singkong rebus tersedia untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat non nasi. Auww... jagung manisnya menggoda banget yaaa... Saya sempat berniat mengambil jagung manisnya untuk tambahan isi salad yang akan saya padukan dengan thousand island dressing. Menarik kaaann... namun sepertinya karena tergoda hidangan di sebelahnya, kok saya kemudian lupa untuk mencomot si jagung manis yang cantik banget warnanya ini. 

Untuk main course, Ngabuburit Asyik kali ini menghadirkan paduan nasi, kimlo goreng, tahu jerudong, ayam bakar paniki, fish sesame, kerupuk dan acar. Hmm... enak semua ya.

Apakah ada sajian khas yang menjadi signature dari Bright Ramadhan kali ini?



Menu Spesial Buka Puasa di Harris Hotel Semarang


Harris Cafe punya signature menu loh untuk acara Ngabuburit Asyik tahun ini. Saat sang chef menjelaskan, saya makin penasaran mengapa ada hidangan yang masuk kategori spesial ini. 

Dari penjelasan sang chef, baru saya tahu ada loh jenis keju yang bernama Grana Padano. Keju padat asal Italia ini mengalami masa fermentasi selama 8 hingga 20 bulan. Keju Grana Padano seberat 35 kilogram yang ada di Harris Cafe ini berasal dari susu kambing.

Nah, salah satu signature dish yang disajikan pada Bright Ramadhan berasal dari olahan keju ini.


Cheese Wheel Pasta


Takjub banget loh ketika melihat chef hotel memasak pasta di atas keju seberat 35 kilogram itu. Kabarnya nih, stok keju Grana Padano ini seharga motor loh.

bright ramadhan ngabuburit asyik harris hotel semarang

Pasta yang sudah direbus selanjutnya akan diletakkan di atas wadah yang berisi Grana Padano tadi. Pasta berbalut keju cheddar istimewa tadi tentu saja menimbulkan sensasi rasa yang warbiyasaaakk... Mantap bener deh, baru kali ini saya melihat sendiri keju jenis ini dan cara memasak pasta yang berbeda.

Buruan deh Konco Makan & Dolan ke Harris Hotel untuk menikmati masakan pasta yang disebut Cheese Wheel Pasta ini. Keunikan rasa pasta yang dimasak di atas roda keju tersebut sungguh menjadi pengalaman makan yang tak akan terlupakan. 



Sobat Saru


Hidangan istimewa berikutnya adalah Sobat Saru, akronim dari SOto Bakar Ayam ganTung SAmbal paRU. Olahan soto ayam yang cara memasaknya dibakar di atas bara api, unik kan yaa...

ngabuburit asyik harris hotel semarang

Isian dari soto ini selain suwiran ayam, ada kentang, tomat, seledri, so'un dan emping. Bisa pilih mau pakai nasi atau tidak. Secara pribadi, sambal paru yang dituangkan oleh petugas agak kebanyakan loh untuk saya. Saran saja nih, pemberian sambalnya mendingan ditanyakan dulu kepada yang hendak pesan menu itu, mau pedas atau tidak. Rasa sotonya enak banget, hanya saja saya kepedesan, jadi agak mengganggu konsentrasi makan deh jadinya hehehe... 

Kalian wajib coba loh Sobat Saru ini, minta empingnya yang banyaaakk agar makin nikmat. 😉



Es Campur Cake


Kesegaran berbuka puasa akan terasa nikmat dengan kehadiran hidangan manis dan segar. Biasanya orang suka minum es campur saat buka puasa.

Gimana coba kalau cita rasa es campur ini hadir dalam bentuk cake?

buka puasa di harris hotel semarang

Seperti ini loh tampilan dari Es Campur Cake. Ada potongan nangka juga di atas cakenya, plus diberi saus atau vla untuk mendapatkan kesegaran es campur seperti yang biasa kita santap. Unik juga ya hidangan yang satu ini. Nggak salah kalau Es Campur Cake ini menjadi salah satu signature dish yang wajib kalian coba. 




Ngabuburit Asyik, Banyak Ragam Hidangan Buka Puasa


Food Stall Corner


Selain berbagai hidangan di atas, masih ada banyak lagi loh pilihan makanan. Tersebar di berbagai food stall, mulai dari yang tinggal ambil saja ataupun yang live cooking.

Varian food stall corner bisa diperinci sebagai berikut : 
  • Mongolian Barbeque
  • Barbeque corner
  • Shawarma / beef kofta kebab
  • Tahu gejrot
  • Putu
  • Noodle corner
  • Pizza corner
  • Martabak
  • XO fried rice corner
  • Nasi Kabsah
  • Beef Wellington 
  • Seblak (kerupuk, siomay kering, ceker)
  • Nasi Daerah Jawa Barat (lengkap dengan ayam bakakak, tambusu semur, karedok, tahu dan tempe bacem goreng, lalapan)

buka puasa bersama di harris hotel semarang


ngabuburit asyik harris hotel semarang




Sambal dan Kerupuk


Rata-rata orang Indonesia, terutama orang Jawa nih, kalau makan tuh rasanya kurang lengkap kalau tidak ada sambal dan kerupuk. Harris Cafe sangat memahami kebiasaan makan ini sepertinya.

bukber harris hotel semarang

Mau ambil sambal atau kerupuk apa deh, ada semua pokoknya. Aneka sambal yang disajikan terdiri dari : sambal terasi, sambal mangga, sambal dabu-dabu, sambal bongkot, sambal matah, sambal bawang, sambal lado mudo, sambal colo-colo, saos tomat dan saus sambal. 

Sedangkan aneka kerupuk ada beberapa jenis sebagai berikut : kerupuk udang, kerupuk terung, kerupuk puli, kerupuk bawang, kerupuk mie, kerupuk rengginang dan kerupuk black. Duh laahh... mau ambil yang manaaa coba kalau gini, berasa mau dicobain semua.



Hidangan Penutup / Dessert


Kurang lengkap rasanya satu paket makanan tanpa adanya hidangan penutup. Di Ngabuburit Asyik a la Harris Hotel Semarang juga tersedia berbagai macam hidangan penutup.

bukber harris hotel semarang

Wuiih... cantik-cantik ya kue dan pudingnya. Ada puding cokelat dan puding mangga yang rasanya segeeerr banget ketika disantap. Sedangkan untuk dessert lainnya, ada aneka slice cake dan buah potong (pepaya, semangka dan nanas).




Minuman / Beverages


Dari tadi yang ditulis kok makanan melulu, minumnya mana? Ada juga dong, berbagai minuman bebas kita ambil sesuai kebutuhan. 

bukber harris hotel semarang

Harris Cafe menyediakan mineral water, infused water, teh tarik, teh, kopi, dan aneka jus (jambu, jeruk dan apel). Segarnyaaa... Aneka minuman, selain kopi yaa... semuanya dalam kondisi dingin. Pas banget untuk mengobati rasa haus saat puasa, terutama dalam kondisi cuaca Semarang yang panasnya tiada tanding ini. 



Berapa harga paket Ngabuburit Asyik di Harris Hotel Semarang?


Informasi nih untuk semua Konco Makan & Dolan, untuk bisa menikmati lebih dari 188 varian menu di atas, harganya 168 ribu rupiah / nett per pax, berlaku untuk usia 12 tahun ke atas. Sedangkan untuk usia 6 hingga 12 tahun, dikenakan biasa 88 ribu rupiah dan gratis tis bagi anak usia di bawah 6 tahun. Cukup terjangkau kaaaannn...

Oya, setiap reservasi untuk 15 orang, Konco Makan & Dolan akan mendapatkan bonus free untuk 2 orang. Hayuk laahh tunggu apa lagi, rame-rame dengan teman kantor ataupun keluarga bisa banget nih. 

ngabuburit asyik harris hotel semarang


Jangan sampai terlewat loooh kesempatan menarik ini. Segera reservasi melalui no. telp 024-76530000. Selamat berbuka puasa....


Post a Comment

40 Comments

  1. Asyik banget ada lebih dari 188 menu. Termasuk murah ratenya. Kapan2 mo mampir sana, ah.

    ReplyDelete
  2. wowww, 188 menu mba, bisa ngga pulang-pulang nih aku kalau buka puasa disana hihi. Tapi yang paling menarik itu ada rebus-rebusan gitu loh, kayanya jarang banget yang ready menu rebusan. kerenn.

    ReplyDelete
  3. Kayanya aku bakal keliling dulu nih di gerai2 nya sambil pepotoan dan bikin story sebelum milih yang mau dimakan

    ReplyDelete
  4. MasyaAllah baca tulisannya mbak Uniek sekalian lihat aneka makanan, mata ini langgung terbelalak....banyak banget menu makanannya, enak semuanya. Saya paling suka makanan yang disajikan seperti ini. Waah kalau bukber sajiannya seperti ini pasti bingung milihnya kan ya, mau makan sedikit kok sayang, makan banyak gak kuat perutnya hahaha.... apalagi ada SOto Bakar Ayam ganTung SAmbal paRU, membayangkan saja sudah terasa segarnya, serasa ingin menelan ludah😀

    ReplyDelete
  5. Ya ampun lihat postingan ini di siang hari. Sungguh menggodaaa, mba Unieeek. PIlihan menu makananya banyak dan sangat bervarias. Mba, ini ada waktu yang ditentukan untuk menikmati hidangan ini atau bebas ?

    ReplyDelete
  6. Ini kayaknya baru makan dessertnya aja udah kenyang duluan. Soalnya kelihatan enak semua. Jadi gak bisa makan diburu-buru. Harus tenang biar bisa dapat banyak pilihan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dessert belakangan aja Chie, biar ga cepet kenyang ;)

      Delete
  7. Ya ampun..ini pilihan menunya kok banyak banget sih. Kayaknya kalau berbuka puasa di sana mesti menerapkan strategi ngambil dikit-dikit aja tapi coba semua deh. Hahahahha.. Yang penting jangan sampai ada yang terbuang percuma ya~

    ReplyDelete
  8. Banyak sekali ya pilihan menunya disana dan kelihatannya enak semua. Cocok untuk buka puasa bersama sahabat

    ReplyDelete
  9. makananannya manaa tahaan ya mba Uuun.. alhamdulillah bisa dapat kesempatan bukber nyaman dan enaak

    ReplyDelete
  10. masya Allaah ampe ternganga n mupeng banget nih mba liat menu berbuka harris hotel, ampe maruk bgt mungkin sy klo lg ikutan hehe.. banyak bgt pilihan menunya ya, palagi pastanya hmm, manggil2 nih :)

    ReplyDelete
  11. Jika harus memilih antara cokelat atau keju, saya akan pilih keju. Makanya sebagai pencinta keju saya tertarik banget mau coba Cheese Wheel Pasta deh. Sayang adanya cuma di Harris Hotel Semarang ya

    ReplyDelete
  12. Aku sempat beberapa kali makan2 diHotel Harris nih Mba... memang selain tempatnya nyaman makanannya juga enak2 ya... rekomended deh....

    ReplyDelete
  13. Hadehhh gak kuat nih lihat foto-fotonya, ngiler euyy. Hotel Harris juara ya hidangkan makanan-makanan yang menggugah selera!

    ReplyDelete
  14. Belum pernah ngerasain berbukan di hotel. Duh pastinya perut bakal dimanjakan banget nih kalau diajak berbuka di Hotel Harris ini karena pilihan makanannya itu lho, buanyaak banget dan bervariasi. Mana harganya terjangkau pula. Jadi pengen deh sekali2 bukber di sana with family. Karena lumayan juga ya dua anak saya yg umurnya masih dibawah 6 tahun bisa mencicipi makanannya secara gratis,hehe

    ReplyDelete
  15. Ya Allah, nikmat sekali berbuka di Harris Hotel Semarang.
    Menu pasta, salad, ini menu-menu kesukaan aku.
    Berbuka di hotel ini memang menjadi andalan yaa.. Selain variasi menu juga suasana yang tidak terlalu ramai dengan prokes yang in syaa Allah tetap terjaga,

    ReplyDelete
  16. Ya Allah, nikmat sekali berbuka di Harris Hotel Semarang.
    Menu pasta, salad, ini menu-menu kesukaan aku.
    Berbuka di hotel ini memang menjadi andalan yaa.. Selain variasi menu juga suasana yang tidak terlalu ramai dengan prokes yang in syaa Allah tetap terjaga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama nih kita Teh Lendy, suka menu pasta dan salad. Favorit saya tuh kalau pasta ya Spaghetti Aglio Olio. Tapi kalau adanya varian lain pun gak nolak deh. Kalau udah ada pasta, saya gak bakal nengok ke menu lainnya hahaha

      Delete
  17. ya ampun mbak, beneran nelen ludah loh bacanya hehe. Itu aku pingin ngacung tinggi sebagai pecinta gorengan, bakwan jagung dkk haha. Apalah aku buka tanpa gorengan terasa ada yang kurang. Menunya mantap nih. Pokoknya jangan lupa makan dihabisin hehe.

    ReplyDelete
  18. Pilihan menunya udah nyamain 5 star hotel di Bali mana enak enak banget huahh mauukk

    ReplyDelete
  19. waa enaknya bukber di harris, mbaak.. aku tu kalau ke harris paling suka makan overnight oatmeal ama yoghurtnya ituuhh.. enak pol. main menunya juga enak2 kok

    ReplyDelete
  20. gokil banget, itu sobat sarunya sangat meggiurkan sekali. 188 pilihan menu yang memanjakan lidah pastinya

    ReplyDelete
  21. 188 menu dengan penampakan menggoda seperti itu worthed banget. Sesuai dengan namanya Bright Ramadan Ngabuburit Asyik.Lengkaap ada!Cus bisa nih ke Harris Sentraland Semarang buka puasa bersama keluarga atau teman

    ReplyDelete
  22. lengkap banget menunya, setiap hari hampir ada 200 menu buka, ngiler sih ini. uhuhu
    btw, aku kok baru tahu Sobat Saru ya mbak. Ternyata, akronim dari SOto Bakar Ayam ganTung SAmbal paRU. belum pernah nyobain nihh

    ReplyDelete
  23. Aduh aduh aduh, salah banget aku baca ini pas siang-siang terik matahari dan laper. Masya Allah, semua kelihatan endul. Menu-menunya mewah tapi harganya masih terjangkau banget, cocok buat bukber ya

    ReplyDelete
  24. Aduh kalau saya buka puasa di Harris Hotel Semarang ini bisa-bisa malas pulang. Saking betahnya hehehe... Itu makanannya banyak banget dan enak semua....

    ReplyDelete
  25. Aku belum nyobain ice cream cakenya nih saking kekenyangan waktu itu, masih ada waktu untuk nyicipin Bright Ramadhan ya... masih 4 hari lagi kan... cuzz ah.

    ReplyDelete
  26. Menunya beragam banget ya..
    Bikin pengunjung Harris Hotel Semarang happy dengan ragam menu yang bervariasi. Cocok banget kalau bawa keluarga besar, rekan atau sahabat untuk bukber dengan harga terjangkau dan bisa makan AYCE.

    ReplyDelete
  27. Waaah, menu buffet-nya lengkap banget. Variatif juga lagi. Dari nasi kabsah, cheese wheel pasta, Sobat Saru (baru kali ini liat menu yang satu ini), sampai salad yang sukses buat perut bergolak hehehe. Bakalan betah untuk cicipin satu-satu di sana.

    ReplyDelete
  28. Wah, menu buffetnya banyak sekali. Variatif juga lagi. Dari nasi kabsah, pasta, Sobat Saru (baru kali ini tau jenis masakan seperti ini), sampai ke salad yang sukses membuat perut bergolak. Bakalan betah cicip satu-satu di sana..

    ReplyDelete
  29. Menu-menunya menggiurkan bangeeet. Cheese Wheel Pastanya bikin pengin icip-icip. Es campur cake bikin penasaran.

    ReplyDelete
  30. Waduh Mbak...188 menu. Bingung aku milihnya...hehe...Paling yg seger-seger aja deh untuk tajil bukanya. Sholat, lalu balik lagi...boleh kan ya...Unik juga ada Es Campur Cake, pake vla pula...Enak dimakan dingin deh. Nom-nom...

    ReplyDelete
  31. Kami pernah nginap di Harris Hotel dan sarapannya enak. Kayaknya paket bukber ini enak juga😋

    ReplyDelete
  32. Huaa menggiurkan banget menu menu dari Hotel Haris Semarang ini mbak
    Pas ya KLO ngumpul bukber disini ramai ramai
    Banyak pilihan menunya

    ReplyDelete
  33. Liat postingannya jam segini tuh duh, aku ngiler sama es campur cake dan sobat serunya, kayanya enak banget deh buka puasa

    ReplyDelete
  34. Wah hotel Harris! Kayanya di kota mana pun Hotel Harris selalu keren ya, saya pernah nginap di Harris Jakarta, Bandung, dan Bali. Gilaaaa makanan di restorannya sedap-sedap, apalagi ramadan gini ya seperti ulasan Mbak, menggiurkaan

    ReplyDelete
  35. Wah hotel Harris! Kayanya di kota mana pun Hotel Harris selalu keren ya, saya pernah nginap di Harris Jakarta, Bandung, dan Bali. Gilaaaa makanan di restorannya sedap-sedap, apalagi ramadan gini ya seperti ulasan Mbak, menggiurkaan

    ReplyDelete
  36. Wiih mbak seruuu banget nih ya ngabuburit di hotel Harris semarang. Apalagi ada buanyaak banget pilihan menu, surga Dunia deh bagi pecinta kuliner seperti aku

    ReplyDelete
  37. Saya pernah terkesan dengan pelayanannya hotel Harris yang di Surabaya. Baca ulasan tentang menu buka di hotel itu, rasanya kok menggoda banget. Hehe

    Makasih sharingnya, Mbak

    ReplyDelete