Memilih Hotel yang Aman dan Nyaman Saat Pandemi

 


Repot juga ya saat dinas ke luar kota. Sudahlah harus swab antigen dulu, ntar masih harus mikirin cari hotel yang aman, yang sudah menerapkan protokol kesehatan.

Bisa jadi kita adalah salah satu orang yang menghadapi permasalahan tersebut di atas. Penginnya sih stay at home aja ya agar enggak was-was. Tapi apa mau dikata kalau tugas mengharuskan kita untuk bepergian.

Selain itu, kita semua tentu tahu ya bagaimana engapnya hampir setahun ini tak bisa pergi kemana-mana. Yang biasa traveling ke luar negeri sudah jelas big no no untuk saat ini. Kasus pandemi di berbagai tempat membuat masing-masing negara membatasi kedatangan tamu dari luar negeri.

Menurutku, inilah saatnya kita bisa mengeksplorasi negeri sendiri, terutama yang dekat-dekat saja dulu. Apalagi misalnya kita punya saudara yang tinggal tak terlalu jauh. Bisa mengunjungi keluarga dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. 

Untuk menginap gimana dong?

Tentu saja saat ini rada parno ya kalau mikirin harus nginap dimana. Dalam bayangan kita, tentu saja mikirnya kalau hotel tuh kan ya bekas dipegang-pegang dan ditinggali banyak orang. Aman atau nggak coba kalau kita nginap di sana?



InDOnesia CARE : Kebijakan Kemenparekraf Terkait Protokol Kesehatan


Sebelum membahas tentang cara memilih hotel yang aman dan nyaman, yuuk kita lihat dahulu dukungan pemerintah terhadap keberlangsungan sektor pariwisata. Salah satunya terkait jaminan keamanan bagi setiap orang yang hendak menginap di hotel.


Sesuai dengan flyer di atas, CHSE itu terkait dengan Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability Standards. Kemenparekraf (Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) menerapkan standar ini bagi hotel yang telah diinspeksi terkait pemberlakuan protokol kesehatan di semua aktivitas hotel tersebut.

InDOnesia CARE merupakan inisiatif dari Kemenparekraf untuk menerapkan protokol kesehatan pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Hal ini merupakan bagian dari kampanye #DiIndonesiaAja yang diwujudkan dengan program sertifikasi CHSE.

Sertifikasi CHSE diberikan kepada usaha pariwisata, destinasi wisata dan produk pariwisata yang sudah memenuhi standar kebersihan, kesehatan, keamanan dan kelestarian lingkungan. Melalui program ini, Kemenparekraf memastikan tempat wisata yang kita kunjungi sudah mematuhi protokol kesehatan sebagai wujud komitmen Indonesia untuk menjaga kebersihan, higienitas, dan pelayanan tanpa kontak langsung.

Masyarakat berhak mendapatkan pelayanan dan jaminan keamanan kesehatan ketika memutuskan untuk menginap di salah satu hotel. Oleh karena itu, kalau mau memilih hotel, pastikan hotel tersebut telah memiliki sertifikat CHSE sesuai dengan ketentuan di atas tadi. 



Memilih Hotel dengan Fitur tiket CLEAN


Setelah memahami tentang program InDOnesia CARE tadi, kira-kira bakal muncul pertanyaan dalam hati seperti ini : Sebagai orang yang akan menginap di hotel ataupun datang ke tempat wisata, gimana caranya agar kita tahu tempat tersebut sudah aman?

Mau cerita dikit nih tentang pengalaman menginap di Hotel Grand Edge Semarang seminggu yang lalu. Jika teman-teman melalukan booking hotel melalui tiket.com maka akan sangat terbantu menemukan hotel yang sudah sesuai dengan standar Kemenparekraf tadi. 



Saat menggunakan aplikasi tiket.com, search aja di bagian tab yang tertera tulisan tiket CLEAN. Bisa dilihat dari gambar di atas ya, scroll aja menu-menu bagian atasnya hingga menemukan fitur tersebut. Pilih menu pencarian hotel dulu ya, masukkan tanggal check in dan check out, lalu tentukan di kota mana kita akan menginap.

Saat ini tiket.com melalui fitur tiket CLEAN mengajak para partner hotel, event, atraksi, serta penyedia jasa perjalanan seperti maskapai dan partner sewa mobil untuk memastikan penumpang atau pengunjung mendapatkan fasilitas yang sesuai dengan protokol kesehatan dan kebersihan yang memadai. Dengan fasilitas terbaru dari tiket.com ini, kita semua bisa memilih hotel, flight, atau produk lainnya yang telah mendapatkan label tiket CLEAN untuk tetap bisa liburan sekaligus menjaga kesehatan.

Mau tahu apa itu sebenarnya tiket CLEAN?

Jadi tiket CLEAN itu singkatan dari 5 prinsip penting yang diterapkan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan saat sedang liburan atau perjalanan dinas, di mana pun dan kapan pun.

sumber : tiket.com


Gimana sob setelah membaca keterangan di atas dan melihat cara mencari hotel yang aman melalui fitur tiket CLEAN, mudah dipahami dan dilakukan ya?

Mudah banget lah, fitur tadi sangat membantu kita menemukan hotel yang telah tersertifikasi CHSE. Kita tak lagi khawatir ketika akan menginap dimana saja asalkan menggunakan fitur tiket CLEAN yang telah disediakan oleh tiket.com ini. Instal aja di smartphone kita, nggak berat kok aplikasi ini. Kegunaannya benar-benar terasa bagi kita yang mobile kemana-mana atau siapa saja yang ingin stay di salah satu hotel yang ada di Indonesia.



Penerapan Protokol Kesehatan di Hotel Grand Edge Semarang



Sertifikasi CHSE itu nggak sembarang sertifikat loh. Saya telah membuktikan bagaimana hotel memberlakukan standar protokol kesehatan di kesehariannya saat menginap di Hotel Grand Edge, Semarang.

Pemberlakuan protokol kesehatan di Hotel Grand Edge sangat terasa sejak pertama kali masuk lobby. Semua orang yang akan memasuki lobby harus mencuci tangan terlebih dahulu dan dicek suhu tubuhnya. 

Saya tak harus canggung diperiksa suhu tubuh oleh security karena thermo gun telah ditempelkan di dinding luar lobby. Kita bisa melakukan sendiri cek suhu tubuh tanpa rasa risih. Mau pake tangan maupun dahi terserah kita sendiri.


Resepsionis pun telah menggunakan pembatas seperti yang ditunjukkan foto di atas. Jadi ketika kita hendak berkomunikasi dengan pihak hotel, tak ada lagi rasa was-was. Pengunjung wajib menggunakan masker, begitu juga dengan para staf hotel. Semuanya patuh menggunakan masker demi menjaga keamanan dan kenyamanan bersama. 

Mau lihat kamar yang saya tempati?


Taraaaa... ini dia kamar tipe deluxe premiere yang saya tempati bersama keluarga. Kamarnya luas dengan piranti lengkap seperti hotel bintang 4 pada umumnya. 

Ada tea & coffe maker lengkap dengan teh, kopi, krimer, gula putih, gula merah dan sweetener. Perlengkapan mandi juga komplit, mulai dari bath gel, shampoo, comb, 2 pasang sikat gigi dan odol, shower cap dan sanitary bag


Sandal kamar 2 pasang juga tersedia. Ga usah khawatir deh pokoknya misal kita ga bawa peralatan mandi, di Hotel Grand Edge sudah tersedia semua.

Bagi kaum muslim ketika hendak sholat pun sudah ada petunjuk kiblatnya. Jadi sudah tak perlu bingung lagi.

Sesuai standar CHSE, setiap kamar pasti akan dibersihkan dengan disinfektan setiap kali tamu sebelumnya check out dari hotel tersebut. Kebersihan kamar pun terjamin dengan tindakan yang sudah sesuai prosedur ini. Aman yaaa...


Masuk ke ruang makan pun protokol kesehatan tetap diberlakukan loh. Setiap tamu diminta mengenakan sarung tangan plastik ketika hendak mengambil makanan. Tentu saja ini dimaksudkan agar piranti makan tetap terjaga dari jamahan kulit secara langsung.

Staf resto yang memasakkan hidangan seperti omelet dan jjangmeyon pun juga mengenakan glove. Menikmati sedapnya berbagai hidangan di Hotel Grand Edge tak lagi perlu disertai rasa khawatir, aman jaya sentosa pokoknya laaahh... 😍

Selain harus mengenakan masker dan sarung tangan, tempat duduk di resto telah diatur sedemikian rupa agar menjalankan standar physical distancing. Meja yang saya tempati, yang biasanya bisa untuk 4 orang pun hanya bisa diduduki oleh 2 orang saja.


Nah, bagi teman-teman yang membutuhkan akomodasi ketika hendak berlibur ataupun melakukan perjalanan dinas, sudah tahu kan ya gimana caranya? Iya, gunakan saja fitur tiket CLEAN dari aplikasi tiket.com agar mudah dan praktis saat melakukan pemesanan kamar hotel.

Selamat mencoba yaaa...

Post a Comment

52 Comments

  1. Allhamdulillah jadi lega ya mba Uniek, kalau begini protokoknya ketat dan kita jadi aman untuk menginap. Pesen di t iket.com juga asik ga perlu bertatap muka langsung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah saya juga jadi ga was was kakau suatu saat ke Semarang karena protokol kesehatan ketat seperti ini

      Delete
  2. Jadi inget slogannya Gojek it's okay to be lebay.... karena memang kita WAJIB menjaga diri sendiri dan orang lain, agar tetep sehat ya mbaaa
    wahh, tiket clean ini bener2 solutif buat yg mau pilih hotel yg aman dan nyaman di masa pagebluk. KEREN!

    ReplyDelete
  3. Penting banget ini. Jadi mau staycation tingkat was-was berkurang walaupun dikit. Suka parnoan gitu sama prokes di tempat umum. Tapi kalau ada kejelasan prokesnya, kan jadi betah buat staycation walaupun nantinya akan tetap berdiam di kamar aja. wkwkwk :D

    Udah lama banget nih, ngga staycation perkara prokes dan parnoan mau kemana-mana.

    ReplyDelete
  4. Seneng aku baca info ini. Hotel-hotel menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk tamu-tamunya. Memang di masa pandemi kayak gini kita harus saling menjaga satu sama lain. Pesan di tiket.com kayaknya recomended banget ya

    ReplyDelete
  5. Nah..aku termasuk nih.. Seneng ketika kesempatan dinas luar, tapi was2 juga tetep ada.. hiks.. Trims infonya, jadi tahu cari yg aman nih..

    ReplyDelete
  6. justru penting nih fitur tiket clean ini biar konsumen bisa mendapatkan penginapan yang aman, bersih, dan nyaman saat pandemi

    ReplyDelete
    Replies
    1. suka banget kalo hotel menerapkan protokol kesehatan yang disiplin dan tepat, jadi merasa aman dan nyaman untuk staycation mengajak keluarga

      Delete
  7. Aku galfok sama jajangmyeon... hehe.
    Btw, beberapa waktu lalu ada pelatihan CHSE untuk hotel juga ya. Jadi sekarang sudah semakin banyak hotel yang menerapkan CHSE ini, salah satunya Grand Edge. Benar-benar sudah jadi new normal saat menginap di hotel dengan standar seperti ini. Memang harus saling menjaga satu sama lain.

    ReplyDelete
  8. Oh ternyata ada fitur Tiket Clean di Tiket.com ya mbak. Aku lama banget gak intip-intip aplikasinya di hape. Padahal suka dapat email penawaran staycation dengan harga diskon. Tapi ya gitu sih masih takut nginap. Baca artikel ini jadi merasa aman misal kapan-kapan keluar kota nengok famili

    ReplyDelete
  9. Oh ternyata ada fitur Tiket Clean di Tiket.com ya mbak. Aku lama banget gak intip-intip aplikasinya di hape. Padahal suka dapat email penawaran staycation dengan harga diskon. Tapi ya gitu sih masih takut nginap. Baca artikel ini jadi merasa aman misal kapan-kapan keluar kota nengok famili dan nginap di hotel. Yang penting pilih hotel di fitur tiket clean

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Hiday harus coba nih yang sering luar kota bareng babe, aku belum bisa main jauh-jauh nginep. Udah mupeng padahal dipamerin mba Uniek, dan beli tiketnya ga perlu tatap muka

      Delete
    2. Pengennya ke Bali, yang jauh sisan. Mau nyari hotel yang udah tersertifikasi CHSE kayak Grand Edge ini. Jadi kalo nginap gak khawatir, NYI. Eh tapi belum sekarang, nunggu nanti lah abis lebaran

      Delete
  10. Ternyata gampang ya jika ingin memilih hotel yang telah menerapkan protokol kesehatan tinggal menggunakan fitur tiket clean dari tiket.com

    ReplyDelete
  11. Nanti mba Uniek ajak aku ke sini ya
    Lumayan staycation tipis tipis sambil menikmati wisata Semarang

    ReplyDelete
  12. Enak dong sekarang kalo reservasi hotel lewat tiket.com, udah tahu hotel mana aja yang udah menerapkan protokol kesehatan dg ketat. Ga kuatir lagi

    ReplyDelete
  13. Keren Grand Edge. Sudahlah protkes ketat, segala macam pernik di kamar pun tetap tersedia. Mau staycation pun, tetap terasa aman sekaligus menyenangkan.

    ReplyDelete
  14. Iya. Liburan di masa pandemi begini emang rada parno. Apalagi kalau sampai menginap. Kudu nyari hotel yang memang terjamin mematuhi protokol kesehatan. Jangan sampai dah, inginnya refreshing eh malah kena begitulah..

    Wah dengan adanya tiket clean dari tiket.com berarti kita nggak perlu merasa khawatir lagi ya mbak unik. Semua aman terkendali. Protokol kesehatan terjamin. Liburan jadi tenang deh. Mantap.

    ReplyDelete
  15. Sebagian besar Hotel di Indonesia mulai menerapkan protokol kesehatan yang maksimal ya, baik itu langsung ke hotel atau booking lewat aplikasi seperti tiket.com

    Jadi liburan tetap bisa terasa menyenangkan ya mbak, gak khawatir lagi. Duh jadi pengen Staycation di Hotel juga nih, udah lama banget stay di rumah

    ReplyDelete
  16. Hotel Grand Edge rekomended banget nih mbak buat inap ya. kebetulan saya punya saudara juga yang ada di Semarang, kapan2 bisa banget nih nginep kesana pas liburan. Btw, Tiket CLEAN bikin gak deg2an lagi ya saat kita bepergian dan inap di hotel. Keren nih programnya :)

    ReplyDelete
  17. harus lebih selektive lagi pilih hotel untuk menginap di masa pandemi dan untungnya tiket com memberikan kemudahan yah mba untuk kita, jadi kalau menginap di hotel terjamin keamanan, kenyamanan dan kebersihannya.

    ReplyDelete
  18. Waah benar-benar bermanfaat yaa fitur Tiket Clean ini apalagi di masa pandemi seperti sekarang memang dibutuhkan sekali fitur seperti ini

    ReplyDelete
  19. Iyayaa...kadang suka parno kalau ke tempat asing tapi kita gak tahu bagaimana prokes yang ada sudah diterapkan atau belum.
    Ini penting banget melihat adanya tampilan Tiket Clean saat bepergian.

    ReplyDelete
  20. Wah keren ada tiketClean gini. Menurutku sih gpp nginep di hotel selama pandemi, selama ga berinteraksi dengan banyak orang. Apalagi sekarang hotel-hotel pada sepi.

    ReplyDelete
  21. wah fitur baru yang bermanfaat nih, emang sekarang perlu dilihat-lihat lagi ya masalah tempat di masa pandemi ini

    ReplyDelete
  22. Sekarang kalau mau nginep udah nggak ketar ketir ya Mba Uniek. Protokol kesehatannya udah ketat banget. Jadi santai gitu. Aku belum sempet nginep-nginep lagi harus jaga mertua dua yang sakit. Kapan2 semoga bisa plesiran lagi apalagi bareng mereka.

    ReplyDelete
  23. Hotel kena imbas pandemi banget ya...
    Tak bisa dipungkiri msh banyak yg khawatir ya staycation, aku jg beberapa kali membatalkan keinginan itu krn blm berani huhu
    Pdhl udah sumpek banget di rumah.
    Sertifikasi CHSE ini ku rasa bagus untuk menaikkan tingkat peminat pengunjung hotel ya mbak. Semoga benar2 ketat jg nih pemberian sertifikasi ini sehingga bisa bikin nyaman tamu sekaligus dapat mencegah penyebaran covid.

    ReplyDelete
  24. Nah iyaya mba untuk yg harus mau nggak mau kluar kota karena pekerjaan, penting pilih hotel yg protokol kesehatannya patuh .
    Jadi pakai sarung tangan plastik ya, ku blm pernah ke hotel lagi semenjak pandemik, anak2 udah minta2 aja 😆
    Mudah2an cpt berakhir ya mba pandemik inii, sungguh engap

    ReplyDelete
  25. Aku kemarin pas staycation di masa pandemi juga lumayan was-was. Cari hotel yang benar-benar nerapin prokes dan pembatasan pengunjung. Serunya si pool jadi berasa milik pribadi, haha. Soalnya bawa anak juga waktu itu. Jadi harus waspada. Kangen ya staycation tanpa was-was tu

    ReplyDelete
  26. Di masa pandemi sekarang semua harus serba pinter pilih-pilih ya mba Uniek. Semoga kita semua diberi kesehatan..

    ReplyDelete
  27. Asik mbaa, kalo udah confirmed hotel ini terapkan CHSE, yang terkait dengan Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability Standards.

    Sebagai konsumen, kita jadi tenang dan hepi yak

    ReplyDelete
  28. wah aku lagi nginap di hotel sekarang, tapi belum cek soal sertifikat CHSE ini di hotel.

    Ngambil makanan pakai sarung tangan plastik itu nggak nyaman banget menurutku. Tapi gimana lagi, demi keamanan dan kesehatan, tetap harus dilakukan

    ReplyDelete
  29. iyaah aku juga kapan hari ngandelin tiket.com untuk cari hotel.yang jelas, kalau mau kroscek, aku telpon hotelnya juga agar tau gimana protokolnya yang dipakai

    ReplyDelete
  30. Kalau pandemi gini terus staycation tuh aku suka ngeceki dulu protokol kesehatannya yang paling penting dan standar yang mereka gunakan juga mbak. Ini sebenarnya aku ada rencana ke Semarang bulan Maret, bisa jadi referensi nih hotelnya.

    ReplyDelete
  31. Aku sekeluarga udah kangen banget staycation, pengen deh nginep gitu tapi pandemi nggak jadi terus. Ini enak ya kalau hotelnya pakai protokol kesehatan. Bisa bikin sehat dan senang menginap di sini.

    ReplyDelete
  32. Kayak semacam pencerahan baca tulisan ini, tahu aja aku sekeluarga udah pengen banget Staycation, wkwkwk. Berhubung bawa Anak-anak, jadinya sangat berhati-hati untuk mutusin liburan. Beberapa bulan lalu udah mau berangkat Staycation tapi urung karena akunya khawatir banget. Makanya happy dengan adanya fitur TiketClean, mau intip2 juga :*

    ReplyDelete
  33. Tiket CLEAN ini bantu kita menemukan hotel atau restoran yang tersertifikasi CHSE tadi ya mbak? Enak tuh, menolong banget jadi walau terpaksa harus ngnap kita tetap berasa aman. Ini bisa berlaku kalau kita bikin meeting di hotel juga nggak si?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mba. Hotel yg udah CHSE dan masuk ke tiket Clean berarti sudah menetapkan prokes dg disiplin. Kita klo mau booking utk meeting jadi ga was-was lagi.

      Delete
  34. Kangeen banget pengen staycation nginep di hotel. Baca tulisan Mak Uniek, jadi ga takut2 lagi kalo mau pesan hotel. Mau ah nanti pas liburan

    ReplyDelete
  35. terakhir nginep di hotel saat pandemi ya tahun lalu, itupun suami yang booking jadi aku kurang tahu deh proses pilihnya seperti apa. Cuman, waktu di hotel aku juga lihat pengumuman CHSE di depan pintu hotelnya. Ya lebih merasa nyaman aman selama menginap di sana.

    ReplyDelete
  36. Wah jadi lebih paham nih, setelah membaca di sini Mbak. Kemarin dirimu posting aku tu tertarik banget, soalnya kami dah berencana ingin melakukan perjalanan dan itu artinya butuh mencari hotel.

    Ternyata sudah ada dukungan pemerintah dan semoga semua hotel menerapkan hal ini ya, Mbak. Tapi harus jaga-jaga juga ya, dan memilih hotel yang tepat selama masa new normal ini dan nyarinya di tiket.com

    Makasih banyak ya, Mbak informasinya. Aku jadi tenang kalau gini, akan melakukan perjalanan.

    ReplyDelete
  37. wah mbak uniek, makasih ya uda nulis ini
    ini membuat aku nggak was was lagi buat pilih hotel untuk ajak anak anak staycation,
    pasti aman ya mbak, klo hotelnya sudah tersertifikasi seperti ini
    sekarang klo mw cari hotel cek dulu ah

    ReplyDelete
  38. Asli dah.. di musim pandemi gini, bentar-bentar antigen kalau mau ke mana-mana. Terus udah gitu, mikirin lagi nanti nginepnya di mana, aman apa enggak?

    Huh.. untung ada hotel dan destinasi wisata yang sudah lulus dan mendapatkan sertifikat CHSE. Jadi, kita enggak was-was banget kalau mau ke sana.

    Keren nih hotel Grand Edge Semarang, menerapkan prokes dengan ketat. Sampai mengambil makanan pun harus pakai sarung tangan.

    ReplyDelete
  39. Penggunaan sarung tangan plastiknya ketika mau ambil makan juga atau juga harus tetap dikenakan saat makan, Mbak? Di saat pandemi begini memang harus lebih selektif, ya

    ReplyDelete
  40. Kalau hotel menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, kita jadi lebih tenang dan nyaman menginap di hotel ya Mbak..

    ReplyDelete
  41. Bener-bener dijaga banget ya, Mba protokol kesehatannya. Sampai-sampai makan juga harus pakai sarung tangan. Jadi cari hotel yang sudah CHSE seperti Grand Edge ini ya. biar aman dan terjaga dari wabah virus ini ya.

    ReplyDelete
  42. Hotel menerapkan protokol kesehatan yang ketat gini jadi bikin tenang dan nyaman ya kalau menginap, gak was - was lagi

    ReplyDelete
  43. Mariii seret koper lagiii..
    Senangnya bisa berkenalan dengan tiket clean dari tiket dot com.
    Kalau gini, berlibur juga jadi super nyaman.

    ReplyDelete
  44. Solusi buat yang pingin staycation tapi was was. Untungnya Hotel Grabd Edge sudah menerapkan protokol kesehatan, jadi nggak bakal was was lagi liburan ya meskipun cuma di hotel. Kamarnya bagus banget, nuansanya cerah ceria

    ReplyDelete
  45. Wah aku baru tahu ada tiket clean. Jadi lebih nyaman ya mau bepergian. Sebenarnya aku pingin ke luar negeri tapi nabung dulu aja sekarang, nunggu corona benar-benar pergi. Aamiin

    ReplyDelete
  46. tiket clean ini baru yah? apa saya yang kudet hehe, duh jadi ingin liburan nih, cek ricek di tiket clean ah

    ReplyDelete
  47. kemaren yo aku pas staycation kudu semprot semprot ama ngelap debu di kasur kayaknya hotel karena sepi suka g dibersihin tapi itu ga menyurutkan tekad buat ttp jalan2 staycation xD coba ah tiket clean

    ReplyDelete